Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa Itu Subak Bali?

Google Doodle Subak Bali
Sumber :
  • Google

VIVA – Saat membuka laman Google hari ini, akan terlihat gambaran seperti sawah dan ikon raksasa teknologi dunia tersebut di bagian tengahnya. Saat doodle diklik, maka akan masuk ke hasil pencarian mengenai Subak.

Digempur Iran, Ini 5 Sistem Pertahanan Israel Tangkis Rudal hingga Laser

Mengutip laman resmi Google Doodle, Senin 29 Juni 2020, orat-oret hari ini bertema memperingati sistem irigasi yang bernama Subak. Sistem ini masuk ke dalam daftar situs Warisan UNESCO pada 2012.

Lalu, apa pengertian dari Subak itu sendiri? Istilah ini merupakan jaringan dari kanal, terowongan dan bendungan yang membuat masyarakat Bali bisa mempertahankan sawah, serta hidup secara simbiosis dengan alam lebih dari ribuan tahun.

Hari Pertama Idul Fitri Sistem Kelistrikan Nasional Andal

Kata Subak menurut laman tersebut bukan hanya merujuk pada infrastruktur saja, namun juga tradisi sosial kooperatif yang berada di sekelilingnya. Dengan sistem tersebut, suplai air yang terbatas bisa dikelola dengan baik secara kolektif oleh petani individu.

Subak dianggap sebagai refleksi dari filosofi kuno Bali, Tri Hita Karana. Artinya, ada tiga penyebab kesejahteraan, yang mendesktipsikan spiritual, interpersonal dan harmoni alami.

Dirut PLN Pastikan Kesiapan Sistem Kelistrikan Jawa-Madura-Bali Untuk Layani Lebaran

Gambar Subak yang hadir dalam mesin pencarian hari ini berasal dari artis asal Indonesia bernama Hana Augustine. Dalam wawancaranya, dia mengatakan mengambil inspirasi setelah melihat sejumlah foto dari berbagai sudut Subak.

"(Subak) sangat indah dari berbagai angle! Foto-foto tersebut adalah sumber inspirasi saya untuk mengerti bentuk, warna dan lingkungannya," ungkap Hana.

Dia juga mengharapkan dengan karyanya, banyak orang yang akan mengerti soal Subak. Termasuk juga asal-usul sistem irigasi sawah itu.

"Saat orang pergi ke Indonesia atau negara lain dan melihat sistem irigasi di sawah, saya harap mereka berkata, 'Hey! Apakah kamu tahu Subak berasal dari Indonesia'," kata Hana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya