Pergi ke Benua Antartika untuk Latihan Hidup di Planet Mars

Berkeliling Benua Antartika dengan pesawat.
Sumber :
  • http://travelingyuk.com/antartika/

VIVA – Benua Antartika dan Planet Mars adalah dua dunia yang berbeda. Antartika yang ada di Kutub Selatan diselimuti salju dan membuatnya berwarna putih, sementara Planet Mars memiliki warna merah, kusam dan berdebu. Persamaan kedua tempat ini adalah sama-sama memiliki cuaca dingin.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Dikutip dari laman Space, Rabu, 1 Juli 2020, mantan astronot dari Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), Stan Love, mengatakan bagi mereka yang ingin tinggal di Mars bisa berlatih hidup di Antartika.

"Saya bicara tentang pencarian meteorit di Antartika. Saya pikir ini merupakan analogi terbaik di Bumi, seperti apa pekerjaan lapangan di planet lain. Jadi saat berada di sana pikirkan bahwa itu Mars, bukan Bumi (Antartika)," katanya.

Perburuan Alien Tetap Gaspol

50 ribu batuan angkasa

Bagian penting dari latihan imajinasi ini adalah parka merah cerah yang menjadi standar berpakaian di Antartika. Setiap melihat seseorang dengan jaket merahnya itu, pikirkanlah bahwa itu merupakan baju antariksa.

Apakah di Luar Angkasa Ada Bau?

Ekspedisi mengumpulkan meteorit telah berhasil mengumpulkan 50 ribu batuan antariksa. Di sana Love tidak hanya sekadar mencari batu meteorit, namun juga memberi pelajaran seperti apa hidup di Mars.

Mereka harus menempuh perjalanan yang panjang dalam kendaraan sempit karena dipenuhi barang persediaan. Kemudian melanjutkan perjalanan ke stasiun McMurdo, merupakan pusat ilmiah Amerika Serikat (AS) di Antartika.

Kota tambang

"Ketika pergi ke Mars, orang-orang akan mendarat dengan roket dan jika ada stasiun yang didirikan di sana, mereka tidak boleh mendarat di sana. Astronot harus memiliki transportasi dari tempat pendaratan ke kota, karena untuk alasan keamanan, penempatan kota tidak akan sama dengan tempat pendaratan," kata Love.

Ia berpikir, dalam 100 tahun ke depan, pemukiman di Mars akan seperti McMurdo. Keadaan di sana cukup sembarang di mana bangunan diletakkan di tempat yang menurut mereka bagus, mirip seperti kota pertambangan.

Kota tambang identik dengan daur ulang. Misalnya saja, ketika ada yang ingin membuang sampah di sana, akan tersedia selusin wadah pembuangan dengan kode berbeda agar pengunjung bisa memilih sampah dengan tepat.

Love juga berharap di Planet Mars manusia akan memperhatikan luas bangunan. Bangunan di McMurdo hanya seperempat dan sisanya digunakan untuk menyimpan bahan bakar, sampah dan kebutuhan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya