Hati-hati Beraktifitas Jelang Salat Jumat hingga Sore Nanti

cuaca panas.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Masyarakat harus hati-hati beraktifitas jelang Salat Jumat hingga sore nanti. Sebab, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan terkait indeks radiasi sinar ultraviolet (UV) Jumat hari ini, 3 Juli 2020.

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Melalui akun Instagram resminya, @infobmkg, seperti dikutip VIVA Tekno, menjelaskan soal indeks radiasi sinar UV wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Untuk wilayah Jabodetabek, pukul 08.00-09.00 dan 14.00 hingga sore memiliki indeks UV 0-2 yang berarti risiko bahaya rendah hingga sedang. Pukul 10.00-11.00 dan 12.00-13.00 memiliki indeks UV bahaya sedang hingga sangat tinggi.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Masyarakat diimbau untuk menghindari dampak radiasi sinar UV bahaya sedang hingga sangat tinggi dengan memakai kacamata ketika keluar rumah ataupun cuma sekadar berjemur. Kemudian, pakailah cairan pelembab tabir surya SPF 30+ bagi kulit sensitif.

Radiasi sinar UV dengan risiko tinggi berpotensi merusak kulit dan mata dengan cepat jika tak memiliki perlindungan.

Masyarakat juga diminta untuk meminimalkan aktivitas di luar rumah pada jam 10.00 hingga 16.00. Pastikan tetap berada di tempat teduh saat cuaca sedang terik.

"Pakailah pakaian pelindung matahari, topi lebar, dan kacamata hitam yang menghalangi sinar UV saat berada di luar ruangan. Gunakan pelembab tabir surya SPF 30++ setiap 2 jam, bahkan pada saat cuaca berawan, setelah berenang atau berkeringat. Permukaan yang cerah seperti pasir, air, dan salju akan meningkatkan paparan UV," demikian keterangan resmi BMKG.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya