Laporan 'State of Mobile Web' Opera

Twitter Terpesat, Facebook Terbesar

VIVAnews - Popularitas jejaring sosial di kalangan pengguna telepon selular masih begitu dominan di tahun 2009. Facebook masih menjadi jejaring sosial terbesar, sementara jejaring mikroblog Twitter menjadi jejaring sosial yang memiliki tingkat pertumbuhan begitu cepat.

Hal itu terungkap dari laporan statistik penggunaan mobile web yang dihimpun oleh browser mobile Opera, Januari 2010. "Pengguna unik Facebook (lewat ponsel - red) tumbuh lebih dari 600 persen selama 2009, mengungguli situs Vkontakte yang selama ini merupakan jejaring sosial paling populer diantara pengguna Opera Mini," ujar laporan tersebut.

Menurut laporan itu, penggunaan jejaring Twitter di platform mobile meningkat lebih dari jejaring sosial lain, yaitu melonjak lebih dari 2800 persen hanya dalam jangka waktu satu tahun.

Bahkan, semua yang terdaftar sebagai situs jejaring sosial, kecuali untuk Friendster, menunjukkan pertumbuhan pengguna mobile (via Opera Mini) yang signifikan pada tahun 2009.

"Pembatas antara Web yang diakses melalui ponsel dan yang diakses pada komputer PC kini telah menghilang. Orang-orang ingin berselancar ke situs yang sama, tanpa memandang perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya. Keberhasilan Facebook dan Twitter di kalangan pengguna Opera Mini menunjukkan bahwa kebiasaan konsumen tidak berubah walaupun perangkat yang mereka gunakan berbeda," ujar Pendiri Opera Software Jon von Tetzchner melalui rilis yang diterima VIVAnews, 26 Januari 2010.

Dari laporan yang sama, Indonesia masih menjadi negara kedua terbesar pengguna browser ponsel Opera Mini, setelah Rusia. Indonesia berada di atas India, Ukraina, Cina, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Vietnam, Nigeria, dan Inggris Raya.

Selama 2009, Vietnam dan Indonesia memimpin 10 negara teratas di Asia Tenggara, baik dalam hal pertumbuhan halaman yang dilihat, maupun dalam pertumbuhan pengguna unik

Vietnam dan Indonesia mengalami pertumbuhan halaman yang dilihat, masing-masing 1,316.4 persen dan 641,9 persen dan pertumbuhan pengguna unik masing-masing sebesar 846,9 persen dan 419,7 persen.

Adapun Brunei memimpin 10 negara di Asia Tenggara untuk halaman yang dilihat per pengguna, dimana setiap pengguna berselancar internet lewat ponsel, rata-rata 987 halaman setiap bulannya.

Untuk masalah mesin telusur, pengguna mobile web di Asia Tenggara, ternyata juga lebih menyukai Google. Namun pengecualian terjadi di Indonesia, karena di sini mesin pencari Yahoo lebih populer, berada di posisi ke-2 ketimbang Google yang berada di posisi ke-6.

Hal ini menurut Opera, menjadi poin yang cukup penting, karena sebagian besar pengguna Opera Mini di Asia Tenggara, berada di Indonesia. Lebih lanjut, pengguna Opera Mini di Asia Tenggara lebih banyak yang menggunakan handset Nokia ketimbang ponsel lainnya.

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa
Capres Ganjar Pranowo

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan tetap berada di luar pemerintahan sebagai penyeimbang. Tak berminat untuk bergabung dalam koalisi Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024