Berharap Jangan Hanya Cari Untung dari Kompetisi PUBG Mobile

PUBG Mobile
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pesatnya perkembangan industri kreatif bidang eSports dunia, termasuk di Indonesia, dalam beberapa tahun ini mengalami tren yang positif. Bahkan terus menanjak. Data Newzoo 2019 menyebutkan pengguna smartphone di Indonesia mencapai 82 juta lebih, dan lebih dari 52 juta orang adalah pemain game mobile.

Esports: PUBG Mobile kolaborasi dengan SPYxFAMILY

Hal tersebut menempatkan Indonesia di peringkat 17 dunia sebagai pengguna game mobile terbanyak dan menyumbang sebesar US$624 juta atau setara Rp8,7 triliun untuk mobile gaming sepanjang tahun lalu.

Hingga saat ini perkembangan industri eSports telah memberikan banyak manfaat bagi orang banyak. Industri ini telah banyak membuka lapangan pekerjaan baru di sektor kreatif yang berimbas keuntungan terhadap ekonomi yang tidak sedikit bagi Indonesia.

Esports: Ada Coach Justin, PUBG Mobile Gelar Turnamen Rayakan 6th Anniversary

Tak hanya memperoleh penghasilan dari menjadi atlet di industri ini, namun seseorang dapat berperan sebagai organizer, shoutcaster, konten kreator, dan berbagai profesi lain sesuai talentanya masing-masing di kompetisi eSports yang banyak digelar di dalam negeri.

"Industri eSports ke depannya akan dapat menjadi pilar ekonomi baru yang harus dikembangkan bersama oleh semua pihak. Industri ini memiliki karir yang bagus, karena mampu mendatangkan penghasilan cukup besar dan patut didukung seluruh kalangan," kata Head of PUBG Mobile eSports untuk Asia Tenggara, Gaga Li, Selasa, 7 Juli 2020.

Ponsel Gaming Asus ROG Phone 8 Series Meluncur Besok, Ini Bocorannya

Dengan animo yang besar dari para anak muda dan ekosistem yang terbentuk dari berbagai kompetisi dan kegiatan di industri eSports, Li berharap agar pemerintah dapat terus mendukung ekosistem ini, sehingga akan lebih banyak atlet-atlet eSports yang lahir serta lapangan pekerjaan dari industri kreatif ini juga semakin luas.

Dengan tren industri di bidang eSports, terutama PUBG Mobile, yang terus menanjak, membuat berbagai macam pihak berlomba-lomba untuk mengadakan kompetisi ini di Indonesia. Mulai dari lembaga pemerintah sampai swasta tertarik untuk menaikkan nilai jual brand di mata anak-anak muda.

Dalam waktu dekat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama GGWP akan mengadakan kompetisi PUBG Mobile bertajuk 'Baparekraf Game Prime 2020' pada Agustus mendatang. Total hadiah yang ditawarkan menggiurkan, Rp1 miliar. "Dari pihak swasta juga tak mau kalah," jelas Li.

Menurutnya, pada 3 bulan ke depan, terdapat kompetisi yang digelar oleh Gopay Arena Championship, dengan total hadiahnya mencapai Rp2,2 miliar.

Lalu, IES Smartfren Indonesia Championship dengan total prize pool-nya Rp500 juta, Nusantara Battleground yang total prize pool Rp40 juta, Esports Superstars Battle dengan total prize pool sebesar Rp250 juta, serta ROG Mabro yang total prize pool-nya mencapai Rp20 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya