Sebelum Mengunjungi Mars, Astronot Disuruh Melipir ke Venus

Perbandingan ukuran Planet Venus, Bumi, dan Mars.
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVA – Ilmuwan memberi saran kepada astronot. Sebelum mengunjungi Planet Mars mereka disuruh mampir terlebih dahulu ke Planet Venus. Saran ini tidak main-main. Sebab, para ilmuwan ini sedang menyusun wacana yang akan diajukan ke Acta Astronautica, yang berisi perjalanan ke Venus menjadi poin penting astronot untuk bisa sampai ke Mars.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Dikutip dari situs Independen, Kamis, 9 Juli 2020, dalam makalah tertulis, Misi Flyby Venus selama satu tahun dapat berfungsi untuk mendapat sistem transportasi luar angkasa yang berharga untuk perjalanan pertama manusia ke Planet Merah Mars.

Mengirim astronot (manusia) ke Mars bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama adalah dengan menerbangkan pesawat ruang angkasa saat orbit Bumi dan Mars sejajar. Tapi kelemahan metode itu adalah astronot harus menunggu satu setengah tahun untuk bisa kembali ke Bumi.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Kedua adalah menjepret Venus menggunakan gravitasi planet untuk mengubah arah pesawat. Pilihan ini akan mengurangi energi dalam perjalanan serta menghemat bahan bakar.

Dengan cara ini Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) juga bisa lebih sering melakukan perjalanan. Perlu diketahui, orbit Mars dan Bumi hanya sejajar setiap 26 bulan, sedangkan dengan Venus setiap 19 bulan.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

"Misi flyby memberi peluang untuk mempraktikkan operasi manusia ke luar angkasa dan kembali ke Bumi dengan aman sebelum pergi ke Mars dengan ritme penerbangan yang lebih panjang," ungkap seorang ilmuwan.

Misi ini juga menjadi bagian misi khusus ke Mars yang memungkinkan studi ilmiah penerbangan manusia ke dua planet. Jika misi ini salah, manusia dapat segera mengubah arah dengan kembali ke Bumi lebih cepat, potensi yang juga harus dipikirkan dalam suatu misi berbahaya.

"Jangan terlalu menyederhanakan pengiriman astronot ke Mars. Pikirkan juga dari sudut pandang kesehatan awak," ujar tim yang mengembangkan makalah, Kirby Runyon.

Ada ilmu pengetahuan di dua planet berbeda. Tapi akan lebih praktis lagi jika satu kru menjelajahi dua planet tetangga Bumi. Misi ke Planet Mars diketahui sedang dalam tahap pengembangan. NASA juga berencana menerbangkan helikopter di planet merah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya