Logo WARTAEKONOMI

Tips Biar Internet Enggak Lemot

Akses layanan internet lewat smartphone.
Akses layanan internet lewat smartphone.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

JAKARTA – Banyak faktor penyebab lemotnya koneksi atau jaringan internet. Mulai dari infrastruktur internet, interferensi jaringan, penggunaan data, trafik yang tinggi, faktor pemilihan perangkat dan kerusakan perangkat, adanya faktor pengganggu di dalam ruangan dan lainnya.

Bahkan, banyak yang percaya perlu trik mengutak-atik pengaturan di smartphone maupun laptop seperti mencabut dan memasang kembali kartu SIM, mode pesawat, mematikan jaringan sementara, mengubah pengaturan DNS, rutin me-reboot / restart perangkat router dan lainnya sebagai solusi.

Dalam beberapa kasus seperti adanya interferensi signal wireless memang butuh restart, tapi umumnya lambatnya kecepatan akses sebenarnya dipicu oleh faktor lain, sehingga trik seperti itu kurang membawa dampak yang berarti.

Selain itu, ternyata masih banyak yang menganggap perangkat jaringan adalah satu kesatuan dengan layanan internet atau layanan Internet Service Provider (ISP).

Padahal, perangkat jaringan dan layanan internet merupakan dua hal yang berbeda namun melengkapi dan mendukung satu sama lain.

Di sinilah peran penting dari perusahaan penyedia perangkat jaringan, seperti TP-Link Indonesia, adalah dalam hal penyediaan komponen perangkat jaringan yang handal dengan dukungan teknologi, spesifikasi dan fitur yang mendukung layanan internetnya.

Berikut ini, sejumlah tips yang diberikan TP-Link dalam memilih router yang tepat, berdasarkan keterangan yang diterima, Minggu, 12 Juli 2020.