Logo DW

Geger Ditemukan Situs Istana Kuno di Pusat Bisnis Ibu Kota

Menara tengkorak Suku Aztec Kuno.
Menara tengkorak Suku Aztec Kuno.
Sumber :
  • U-Report

Para arkeolog menemukan situs Istana Kuno milik Suku Aztec di Mexico City, ibu kota dari Meksiko, yang kemudian menjadi rumah kediaman sang penakluk dari Spanyol, Hernan Cortes. Lokasinya ada di bawah sebuah bangunan bersejarah di Kawasan Central Plaza, Mexico City.

“Bekas Istana Axayacatl dan rumah yang dibangun atas perintah Cortes ditemukan di Monte de Piedad, demikian dalam cuitan Kementerian Kebudayaan Meksiko, saat melakukan pekerjaan renovasi bangunan Nacional Monte de Piedad yang didirikan pada 1755.

Saat ini bangunan bersejarah tersebut menjadi Kantor Pusat Pegadaian yang berlokasi di kawasan bisnis Central Plaza. Pada September 2017, para pekerja bangunan menemukan lantai dari batangan basalt yang tidak lazim di bawah bangunan.

Menurut para arkeolog, lantai tersebut merupakan area terbuka dari istana penguasa Aztec, Axayacatl, ayah dari Montezuma, salah serang penguasa terakhir Kerajaan Aztec Kuno yang berkuasa antara 1469 hingga 1481.

“Mungkin semacam terasnya Istana Kuno Axayacatl“, ujar pakar dari Mexico's National Institute of Anthropology and History (INAH).

Rumah sang “conquistador“ dari Spanyol

Saat ekskavasi, para arkeolog juga menemukan bukti dari rumah Hernan Cortes, yang dibangun di atasnya setelah runtuhnya kerajaan Aztec.