Logo DW

Tiga Negara Mau Invasi Planet Mars Jelang Idul Adha

Ilustrasi permukaan Planet Mars.
Ilustrasi permukaan Planet Mars.
Sumber :
  • fanpop.com

Tiga negara, yaitu Amerika Serikat (AS), China dan Uni Emirat Arab (UAE), mau invasi Planet Mars menjelang Hari Raya Idul Adha pada bulan ini. Ketiganya siap meluncurkan misi ambisius ke planet merah secara simultan.

Adapun perayaan Idul Adha jatuh pada akhir Juli mendatang. Amerika Serikat atau AS ingin mempertahankan dominasi luar angkasanya, dengan melanjutkan misi penerbangan ke Planet Mars. China pun tidak mau kalah.

Bahkan, salah satu negara Muslim di Timur Tengah, UEA, juga punya ambisi menyaingi dua negara raksasa itu dalam penelitian ke planet tetangga Bumi tersebut.

Tiga peluncuran wahana antariksa untuk penelitian ke Planet Mars yang nyaris simultan itu bukanlah suatu kebetulan. Timing yang tepat, berupa semacam jendela yang hanya berlaku sebulan dalam periode tertentu, mendikte misi ke planet merah itu.

Koridor waktu yang ideal itu adalah saat Mars dan Bumi berada dalam satu garis dengan Matahari, yang periodenya terjadi sekali dalam 26 minggu. Dalam kondisi ideal tersebut waktu perjalanan dan kebutuhan bahan bakar bisa diminimalkan.

Planet Mars sejak lama jadi sumber imajinasi dan punya daya tarik amat kuat untuk misi luar angkasa setelah misi ke bulan. Namun misi ke planet merah itu juga terbukti cukup sulit, dan bahkan jadi kuburan sejumlah proyek ambisius.

AS tetap mendominasi
Sejumlah wahana ruang angkasa dilaporkan meledak, terbakar habis atau terbanting saat mendarat di planet merah itu. Jumlah kegagalan misi ke Mars mencapai kuota sekitar 50 persen. Upaya China yang berkolaborasi dengan Rusia untuk mendaratkan wahana di planet Mars pada 2011 misalnya, berakhir dengan kegagalan.