Satelit Internet Punya SpaceX Ganggu Pemandangan Komet Neowise Terbang

Bos SpaceX, Elon Musk.
Sumber :
  • dw

VIVA – Salah satu aktivitas menggiurkan yang tejadi bulan ini adalah terlihatnya komet Neowise dari Bumi. Namun sayangnya saat ingin mengambil foto komet melintas bukannya menghasilkan langit bersih tapi ada pengganggu dalam gambar tersebut. Pengganggu itu adalah barisan satelit untuk internet berkecepatan tinggi, Starlink, milik SpaceX.

Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar

Inilah yang telihat dari foto yang diambil fotografer obyek astronomi, Daniel Lopez pada 21 Juli lalu. Foto Lopez merupakan gabungan dari 17 gambar yang diambil dalam 30 detik. Ia juga membagikan video time-lapse dan bisa terlihat ada sekitar 20 satelit yang ikut masuk saat mencoba mengambil Neowise yang sedang melintas.

Astronom Julien Girard membagikan foto itu dan mengatakan Starlink mengganggu foto komet yang baru akan terlihat 6.800 tahun lagi. "Dua foto saya di malam lainnya juga diganggu oleh Starlink," kata Girard dalam Twitternya yang dikutip dari situs Business Insider, Senin, 3 Agustus 2020.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Komet Neowise

Starlink adalah proyek ambisius Kepala Eksekutif SpaceX, Elon Musk, untuk menyelimuti Bumi dengan satelit berkecepatan tinggi. Terakhir perusahaan itu baru saja menambah 60 satelit lagi ke luar angkasa pada Juni lalu.

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Sebagai informasi, Neowise juga bisa dilihat di langit Jakarta pada Sabtu, 25 Juli lalu. Bintang jatuh itu terlihat sekitar pukul 18.42 hingga 20.10 WIB. Bukan hanya di Jakarta, LAPAN juga menyebutkan jika saat itu beberapa wilayah seperti Padang, Bandung, Tomohon, hingga Biak Papua juga bisa melihat penampakan komet langka ini.

Namun sayangnya saat itu hari terakhir Komet Neowise bisa terlihat jelas. Sebab pada 26 Juli komet langka tersebut mulai menjauh dari Bumi hingga semakin sulit terlihat. Jarak terdekat Neowise dengan Bumi terjadi pada 22 Juli 2020 sekitar 103,5 juta kilometer jauhnya.

Syahrini

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

Awalnya admin akun gosip tersebut menyoroti perbedaan foto yang tiap kali diunggah Syahrini dengan foto paparazi yang didapatkan netizen itu.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024