Logo BBC

Cerita Astronot NASA Kembali ke Bumi, seperti Dipukul Tongkat Bisbol

Astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley.
Astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley.
Sumber :
  • Instagram

 

NASA, Space-X

NASA/Bill Ingalls

Bob Behnken (kiri dan Doug Hurley (kanan), dua orang astronot NASA yang baru mendarat kembali di Bumi

Astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley menggambarkan suara gaduh, hawa panas, dan goncangan yang mereka alami saat kembali dari luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon pada Minggu, 2 Agustus 2020.

Behnken menyaksikan awan yang mengalir cepat dari jendela dan merasakan goncangan yang terasa seperti "dipukul dari belakang kursi dengan tongkat bisbol". Namun, Hurley dan Behnken mengatakan bahwa wahana antariksa itu bekerja seperti yang diharapkan.

Wahana antariksa Crew Dragon mendarat mulus di Teluk Meksiko, mengakhiri misi kru komersial pertama ke stasiun ruang angkasa.

"Ketika kami turun dan melewati atmosfer, saya pribadi terkejut dengan betapa cepatnya semua peristiwa itu terjadi. Sepertinya hanya beberapa menit kemudian, setelah deorbit burn (tembakan dari mesin pesawat ruang angkasa untuk memungkinkannya memasuki kembali atmosfer Bumi) selesai, kami dapat melihat ke luar jendela dan melihat awan melintas," katanya pada siaran konferensi pers dari NASA Space Center di Houston, Amerika Serikat (AS).