Logo WARTAEKONOMI

Bantuan Rp600 Ribu Bisa untuk Jadi YouTuber

Ilustrasi punya penghasilan dari YouTuber.
Ilustrasi punya penghasilan dari YouTuber.
Sumber :
  • Search Engine Journal

JAKARTA – Para pekerja yang penghasilannya di bawah Rp5 juta akan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah sebesar Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan, yang akan langsung di transfer ke rekening 13 juta pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Rencananya, BLT ini akan terealisasi pada September 2020.

Nantinya, dana tersebut akan ditransfer langsung ditransfer per dua bulan ke rekening para pekerja yang mendapat bantuan tersebut, sehingga tidak akan terjadi penyalahgunaan.

Di mata Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini, uang Rp600 ribu ini bisa digunakan untuk beberapa hal. Salah satunya modal untuk menjadi YouTuber ataupun TikToker. Caranya adalah dengan membeli kamera DSLR atau smartphone baru yang memiliki kualitas lebih baik agar enak dilihat.

"Oh, kameranya Rp6 juta enggak jadi ya. Mau pakai kamera ponsel saja tapi sekarang belum Android. Belilah, tukar ganti untuk Anda, misalnya menjadi YouTuber atau TikToker. Tergantung kreativitas," kata dia, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Namun, Mike mengingatkan, membuka peluang usaha di bidang jasa ini tidak boleh asal-asalan. Karena, harus ada konsep yang jelas dan harus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

"Kebutuhan masyarakat itu betul-betul kita pahami dulu. Pada saat menawarkan suatu produk kita sudah sesuai dengan target orang yang kita sasar," tuturnya.

Selain itu, bagi mereka yang memiliki hobi desain bisa digunakan untuk membeli peralatannya seperti laptop. Nantinya hasil desain tersebut bisa dijual kepada perusahaan atau individu yang membutuhkan jasanya.