Tips Hindari Malware Menyusup ke Smartphone

Ilustrasi malware Android
Sumber :
  • Instagram/@actualisite

VIVA – Salah satu hal buruk yang terjadi dengan ponsel, adalah perangkat yang terinfeksi malware. Termasuk jika informasi personal bisa berpindah tangan ke pelaku kejahatan siber, hingga memperlambat operasional smartphone.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Namun ternyata pengguna smartphone, khususnya Android, bisa menghindari masuknya malware ke perangkat. Berikut tiga tips dari perusahaan keamanan siber Malwarebytes, dikutip VIVA Tekno dari Express, Sabtu 15 Agustus 2020:

Sistem Operasi Paling Baru
Pengguna smartphone harus memastikan operating system atau sistem operasi yang digunakan merupakan paling baru. Hal ini juga diingatkan terus oleh ahli keamanan siber. Menurut mereka, OS terbaru merupakan langkah penting untuk melindungi perangkat dan akun online penggunanya. Misalnya malware sudah ada dalam smartphone, dengan memperbarui sistem operasi bisa mengurangi kerentanan tersebut. Cara ini juga bermanfaat untuk menutup jalan malware masuk.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Baca Izin Aplikasi yang Dipasang
Pemilik ponsel sebaiknya meninjau dan membaca seluruh izin aplikasi yang dipasang. Misalnya, apakah ada ketentuan platform bisa mengirim teks.
Jika akan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, sebaiknya hapus semua izin sebelum menghapusnya. Beberapa aplikasi berbahaya memberikan hak administrator, jadi platform tidak bisa mudah dihapus tanpa beberapa langkah online. Jika mengalami kesulitan saat menghapusnya, sebaiknya cari informasinya secara online.

Gunakan Solusi Keamanan
Penggunaan software anti-virus sangat penting untuk keamanan ponsel. Sudah banyak perusahaan yang menawarkan layanan ini, dan akan memindai perangkat jika terjadi masalah.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita
Kick Off Baligivation Festival 2024

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024