Ilmuwan Bikin Sandal Jepit, Bahannya Ramah Lingkungan Banget

Ilustrasi memakai sandal jepit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ilmuwan dari University of California, San Diego, Amerika Serikat (AS) memiliki harapan agar melihat berbagai tempat wisata terutama pantai tidak dipenuhi oleh sampah yang sulit terurai. Untuk itu mereka melakukan sebuah penelitian di mana sandal jepit dapat terurai secara hayati.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Mike Burkart, profesor kimia dan biokimia dari University of California, mengaku telah mengembangkan sebuah penelitian baru di mana alga sebagai salah satu bahan baku yang dapat terurai secara alami.

“Kami mulai dengan menanam alga. Kami menumbuhkannya di kolam raceway hingga kepadatan yang sangat tinggi,” katanya, seperti dikutip dari situs New York Post, Rabu, 19 Agustus 2020.

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Burkart juga menyampaikan pada saatnya nanti ketika sudah siap diolah alga akan diambil airnya hingga membuatnya menjadi sangat kental. “Lalu, yang kami lakukan selanjutnya adalah mengekstrak semua lipid dari ganggang itu dan lipid itulah yang kami buat sebagai bahan baku,” tutur dia.

Awalnya, Burkart dan tim membuat temuan bensin dari alga sebelum akhirnya mengalihkan penelitian mereka pada papan selancar dan akhirnya sandal jepit yang sederhana.

Lihat Bagian Tubuh Ini Pada Pria, Ternyata Bisa Prediksi Ukuran Penisnya

“Hampir setiap produsen sepatu besar datang untuk berbicara dengan kami tentang kemungkinan menggunakan bahan kami dalam produk mereka," papar Burkart. Sandal jepit memang menjadi salah satu alas kaki yang sederhana, terjangkau, dan populer di seluruh dunia.

Oleh karena itu merupakan bagian penting untuk mengubah hal yang tadinya limbah menjadi sesuatu yang ramah lingkungan. “Kami juga berbicara dengan perusahaan lain, misalnya, untuk hal-hal seperti kemasan makanan atau jenis bahan lainnya. Kami sangat ingin itu bisa membusuk atau bisa didaur ulang," ungkapnya.

Air kelapa

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Air kelapa adalah minuman alami yang menyegarkan dan lezat yang dikenal banyak orang sebagai minuman tropis yang menyehatkan dan memiliki manfaat untuk tubuh.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024