Ada Kejutan di Langit Selama 4 Hari Minggu ini, Salah satunya Astra

Satelit Merah Putih siap diluncurkan Roket Falcon-9 milik SpaceX.
Sumber :
  • Twitter/@SpaceX

VIVA – Siap-siap, akan ada kejutan di langit selama 4 hari pada Minggu ini. Salah satunya dari Astra, startup asal California, Amerika Serikat (AS) yang siap melakukan misi orbit pertamanya ke luar angkasa. Ya, Minggu ini selama 4 hari akan ada 5 misi luar angkasa yang diluncurkan sekaligus.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Mengutip situs Space, Kamis, 27 Agustus 2020, misi pertama akan dilakukan pada hari ini pukul 02.12 EDT atau 13.12 WIB. Saat itu Roket United Launch Alliance Delta IV Heavy akan meluncur di atas satelit mata-mata milik Amerika Serikat (AS).

Baca: SpaceX Siap Mengintai Bumi dari Luar Angkasa

Jangan Panik Jika Siang Nanti Langit Mendadak Berubah Malam

Peluncuran ini dilakukan di Cape Canaveral Air Force Station, Florida. Pada tempat yang sama, Roket Falcon 9 milik SpaceX menyusul kemudian meluncur membawa Satelit Saocom 1B milik Badan Antariksa Nasional Argentina.

Rencananya, Roket Falcon 9 SpaceX akan lepas landas pada Jumat besok, 28 Agustus pukul 19.19 EDT atau Sabtu, 29 Agustus 2020 pukul 06.19 WIB. Berselang empat jam akan terbang dari Selandia Baru yakni roket pendorong Electron Rocket Lab.

Astra Siapkan 299 Bengkel Siaga dan 800 Teknisi untuk Mudik Lebaran 2024

Electron akan terbang ke luar angkasa dari komplek Rocket Lab di Selandia Baru. Roket itu rencananya membawa Satelit Observasi Bumi, Sequoia, untuk perusahaan AS bernama Capella Space.

Selanjutnya, SpaceX akan kembali menerbangkan Roket Falcon 9 pada Sabtu, 29 Agustus 2020 pukul 10.08 EDT atau 21.08 WIB.

Roket itu akan membawa 60 Satelit Internet Starlink. Falcon 9 milik SpaceX dijadwalkan meluncur dari Pusar Antariksa Kennedy, tak jauh dari Cape Canaveral, AS. Misi terakhir yang akan menghiasi langit berasal dari Astra.

Perusahaan rintisan atau startup asal California, AS lagi siap-siap melakukan misi orbit pertamanya pada Minggu, 30 Agustus pukul 22.00 EDT atau Senin, 31 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB. Astra akan meluncurkan Roket 3.1 dari Kompleks Pelabuhan Luar Angkasa Pasifik yang berada di Pulau Kodiak, Alaska, AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya