Kalau Ini Meledak Berarti Tandanya Kiamat

Ilustrasi alam semesta.
Ilustrasi alam semesta.
Sumber :
  • www.pixabay.com/WikiImages

VIVA – Berakhirnya alam semesta atau kiamat, jauh setelah bintang terakhir bersinar dan berkedip, mungkin akan ada satu rangkaian ledakan besar terakhir. Disebut sebagai black dwarf supernova atau supernova kurcaci hitam.

Ini adalah ledakan yang menyilaukan sebagai pertanda datangnya kegelapan abadi saat alam semesta tenggelam ke dalam dormansi. Supernova yang baru diusulkan ini adalah jenis khusus yang belum pernah terjadi di mana pun di alam semesta.

Supernova kurcaci hitam mungkin merupakan peristiwa terakhir yang terjadi di alam semesta, yang pada saat itu akan menjadi tempat yang sebagian besar kosong, di mana suhu mendekati nol.

Baca: Ilmuwan Ungkap Proses Terjadinya Kiamat

Kehidupan dan kematian bintang akan ditentukan oleh massanya. Yang besarnya 10 kali atau lebih massa matahari meledak sebagai supernova dan bisa menjadi lubang hitam. Tapi yang lebih kecil, yang tidak menghasilkan unsur yang lebih berat melalui fusi nuklir di intinya, mengakhiri hidup sebagai bintang padat kecil yang dikenal sebagai katai putih.

Selama triliunan tahun, mereka meredup dan berubah menjadi benda beku tanpa cahaya yang dikenal sebagai katai hitam. Sebuah makalah baru, yang akan diterbitkan dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, menjelaskan bagaimana kurcaci hitam ini pada akhirnya dapat melepaskan potongan terakhir cahaya di alam semesta saat meledak sebagai supernova.

Supernova katai hitam akan terbentuk melalui proses kuantum yang dikenal sebagai fusi pycnonuclear. Bintang ini biasanya dipicu oleh fusi termonuklir, di mana suhu dan tekanan tinggi mengatasi tolakan listrik alami inti atom, yang memungkinkan atom melebur menjadi unsur baru yang lebih berat.