Penguak Kebocoran Data KPU dan Tokopedia Ngajak Kenalan di Linkedin

Hacker mengambil data pribadi korban.
Sumber :
  • TechCrunch

VIVA – Beberapa bulan lalu, sebuah akun Twitter bernama @underthebreach tiba-tiba jadi sorotan. Penyebabnya, cuitan yang diunggah mengungkapkan sejumlah kebocoran data di dunia, termasuk Indonesia.

Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?

Pemilik akun itu akhirnya mengungkap sosok aslinya. Pantauan VIVA Tekno, Senin 31 Agustus 2020, akun itu mengganti namanya menjadi Alon Gal.

"Saya membuka akun ini satu tahun lalu. Saya berencana untuk tetap anonim untuk memastikan keselamatan saya, namun saya memutuskan untuk memperkenalkan diri saya, jadi bisa terhubung dengan Anda, semua lebih personal. Nama saya Alon, saya menganggap Anda semua menjadi teman, hubungi saya Linkedin," tulis akun itu.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Tak lama setelah mengunggah perkenalan dirinya, sejumlah pengguna Twitter memenuhi kolom komentar. Salah satu warganet terkejut, karena akun itu bukan bot.

Dalam tautan akun Linkedin yang disertakan, Gal menuliskan berasal dari Israel dan saat ini bekerja sebagai Chief Technology Officer di perusahaan layanan dan teknologi informasi bernama Hudson Rock.

KPU: Caleg Terpilih Harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024

Sebelumnya, akun ini sempat membongkar dugaan kebocoran data di Indonesia. Salah satu adalah kebocoran data KPU yang diungkap pada Mei lalu.

Akun @underthebreach mengungkapkan, jika data berisi nama, alamat, serta nomor KTP dan Kartu Keluarga masyarakat Indonesia. Saat itu dia juga menyatakan, siap membeberkan data yang sama dari 200 juta orang.

Akun yang sama juga mengungkap kemungkinan kebocoran data dari layanan e-commerce Tokopedia. Pada awal Mei, dia menyatakan ada 15 juta data pribadi pengguna yang bocor berisi email, kata sandi dan nama.

Keesokan harinya, @underthebreach menyatakan jika data yang bocor ada 91 juta pengguna. Data-data tersebut dijual dengan harga US$5 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya