Heboh Ditemukan Galaksi Mirip Pesawat Star Wars

Lubang hitam (black hole) di pusat Galaksi Bima Sakti.
  • Pixabay

VIVA – Seperti frasa terkenal dari film Star Wars, in a galaxy far far away, ditemukan sebuah galaksi yang bentuknya mirip dengan pesawat Tie Fighter. Galaksi itu bernama TXS 0128+554 sebenarnya sudah ditemukan beberapa tahun lalu.

Namun, para ilmuwan Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA baru-baru ini melakukan penelitian mendalam hingga terungkap bentuk persis seperti pesawat yang ada dalam film Star Wars itu.

"Kami memperbesar (gambar) jutaan kali lebih dekat dengan galaksi menggunakan antena radio VLBA dan memetakan bentuknya," kata ahli astrofisikawan Universitas Purdue, Matthew Lister, seperti dikutip VIVA Tekno dari laman Science Alert, Selasa, 1 September 2020.

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

Setelah ditemukan bentuknya, Lister sadar jika galaksi tersebut membentuk pesawat yang hadir dalam film Star Wars IV: A New Hope. Menurutnya kemunculan Galaksi seperti Tie Fighter merupakan kejutan menyenangkan.

Kemunculan bentuk di frekuensi radio, juga akan dimanfaatkan untuk mempelajari lebih lanjut soal galaksi tersebut. "Tapi kemunculannya di frekuensi radio yang berbeda juga akan membantu kami mempelajari lebih, bagaimana galaksi aktif bisa berubah secara dramatis dari skala waktu selama satu dekade," ungkapnya.

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang

Galaksi TXS 0128+554 berada sekitar 500 juta tahun cahaya di konstelasii Cassiopeia dan merupakan galaksi aktif. Artinya, di sana juga terdapat lubang hitam atau black hole supermasif di bagian tengahnya. Di sana pula black hole atau lubang hitam berukuran miliaran kali massa Matahari, yang terletak di bagian 'kokpit' Galaksi Tie Fighter.

Game of Thrones Season 8 Episode 6.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Industri film sering kali memanfaatkan lokasi spektakuler di seluruh dunia untuk memberikan latar belakang yang megah dan mendalam bagi kisah-kisah mereka.

25 April 2024