Begini Cara Nonton Netflix yang Hemat Kuota Internet

Netflix.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Streaming video online membutuhkan banyak data, terutama untuk konten definisi tinggi atau Ultra HD. Jika kamu bermasalah dengan kuota data, penting untuk memerhatikan berapa banyak data yang dipakai saat menggunakan layanan streaming, seperti Netflix.

Telkomsel Sediakan Kuota Internet 20GB untuk WNI yang Pergi ke Negara Ini

Rupanya, ada pengaturan di Netflix yang dapat membantu mengurangi penggunaan data. Dilansir dari Techguy Labs, Senin 7 September 2020, untuk menyesuaikan pengaturan streaming, kamu harus masuk ke Netflix dari browser.

Arahkan mouse ke nama Anda di pojok kanan atas, dan klik 'Akun Kamu'. Pilih 'Pengaturan Pemutaran', ini akan memberi kamu opsi tentang apa yang diinginkan sebagai default untuk konten streaming.

Beli Ponsel Lipat Oppo Dapat Kuota Internet 600GB

Membiarkannya dalam mode 'Otomatis' akan memungkinkan Netflix menentukan setelan kualitas terbaik berdasarkan kecepatan internet. Namun, ini tidak ideal jika kamu memiliki kecepatan tinggi, tetapi jumlah data terbatas per bulan. Kamu dapat memilih antara pengaturan kualitas Rendah, Sedang dan Tinggi.

Baca juga: Geger Kalkulator Bisa Tau Kapan Manusia Meninggal Dunia

Kuota Internet Smartfren Kini Lebih Besar, Streaming Makin Lancar

Netflix memperkirakan, dengan kualitas tertinggi akan memakan data hingga 3 GB data per jam. Netflix juga mengalirkan sebagian kontennya dalam Ultra HD atau 4K, dan itu akan menyedot hingga 7 GB data per jam.

Setelan Sedang akan mengurangi penggunaan data hingga 0,7 GB per jam, dengan kualitas video definisi standar. Paling rendah, pengaturan ini hanya akan menyedot 0,3 GB per jam.

Opsi terakhir di Pengaturan Pemutaran adalah, apakah Netflix akan secara otomatis memutar episode berikutnya dalam serial TV atau tidak. Jika kamu khawatir tentang penggunaan data, menghapus centang ini juga bisa menjadi ide yang bagus.

Namun, penurunan jumlah data yang digunakan untuk streaming juga memiliki kelemahan. Hal ini akan menurunkan kualitas video, dan menonton dengan kualitas standar akan terlihat lebih buruk di TV HD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya