Benyamin Sueb Tiba-tiba Muncul di Google Doodle

Benyamin Sueb
Sumber :

VIVA – Google Doodle pada Selasa hari ini, 22 September 2020, menghadirkan aktor kawakan Benyamin Sueb. Saat membuka laman pencarian, maka ikon Google berubah lalu muncul gambar artis serba bisa itu dengan sejumlah barang-barang ikonik asal Jakarta. Salah satunya ondel-ondel.

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Saat Google Doodle diklik maka keluar hasil pencarian mengenai biodata singkat Benyamin Sueb, seperti tanggal lahir dan meninggal dunia, anak, pasangan, serta film dan acara yang dibintangi aktor yang juga penyanyi dan sutradara tersebut.

Mengutip laman resmi Google, hasil karya hari ini berasal dari artis bernama Isa Indra Permana. Doodle tersebut merupakan peringatan pada Benyamin Sueb sebagai aktor, komedia, penyanyi, penulis, sutradara hingga produser.

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Bang Ben, panggilan akrab Benyamin Sueb, juga dikenal sebagai orang yang memperjuangkan budaya Betawi di Indonesia. Total selama hidupnya dia sudah membintangi lebih dari 50 judul film dan membuat 300-an lagu orisinal.

google doodle benyamin sueb

Google Doodle Celebrates the Heart Surgeon Dr Victor Chang

Kecintaannya pada budaya Betawi bisa terlihat dari karyanya untuk lagu hits seperti Nonton Bioskop dan Grimis. Selain itu juga melakukan revitalisasi gabang kromong salah satunya bisa didengar dari lagu Ondel-ondel.

Pada 22 September 2018, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meresmikan Taman Benyamin Sueb yang berlokasi di Jatinegara, Jakarta Timur. Tempat ini merupakan pusat budaya untuk menjunjung tinggi warisan budaya Betawi.

Benyamin Sueb lahir di Jakarta pada 5 Maret 1939. Ia masuk industri musik sebagai anggota band bernama Melody Boys pada 1950-an. Karir aktingnya dimulai pada awal 1970-an. Dari sana juga Benyamin membawa budaya betawi dari lakon yang diperankannya.

Budaya betawi juga dibawanya saat membangun Bens Radio pada 1990-an. Hingga saat ini radio itu masih memainkan lagu Benyamin Sueb. "Terima kasih Bang Benyamin Sueb untuk menggunakan musik dan lelucon untuk melestarikan tradisi serta budaya yang berharga bagi generasi mendatang," tulis pihak Google.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya