Logo BBC

Lapisan Es di Laut Arktik Menyusut Tajam

Lapisan es di Laut Arktik.
Lapisan es di Laut Arktik.
Sumber :
  • bbc

Arctic sea-ice
MOSAIC/AWI/Steffen Graupner

Lapisan es di Laut Arktik menyusut hingga kurang dari 3,74 juta kilometer persegi. Ini merupakan penyusutan pada tingkat terendah kedua sejak pengamatan satelit dimulai pada musim panas 2020.

Satu-satunya kejadian di mana batas penyusutan itu terlampaui sepanjang 42 tahun catatan pengamatan satelit, terjadi pada 2012, ketika sebaran es di lautan itu berkurang menjadi 3,41 juta kilometer persegi.

Kini, luas es mulai bertambah setelah siang hari menjadi lebih pendek seiring dengan mulainya musim gugur, serta cuaca dingin yang mulai menyelubungi wilayah itu.

Lapisan es di Laut Arktik biasa mengembang sepanjang musim dingin setiap tahun dan kemudian mencair kembali di musim panas. Namun, jumlah minimal keberadaan lapisan es di lautan wilayah itu pada September, mengingat juga sejumlah variabilitas, terjun semakin dalam seiring dengan cuaca Kutub Utara yang semakin hangat.

Tren penurunan sejak satelit mulai secara rutin mematau es yang mengapung adalah sekitar 13 persen per dekade, dirata-rata sepanjang bulan.