Pengguna Google Meet Gratis Bisa Bernafas Lega

Google Meet
Sumber :
  • Silicon Canals

VIVA – Ada kabar gembira untuk pengguna Google Meet. Sebab, Google memperpanjang penggunaan Google Meet gratis untuk bisa melakukan video call selama 24 jam hingga 31 Maret 2021.

Akhiri Perang Dingin, Menhan AS dan China Lakukan Video Call Setelah Setahun

Sebelumnya, para pengguna Google Meet gratisan hanya bisa menggunakan layanan video call 24 jam hingga 30 September kemarin. Mulai Kamis hari ini, 1 Oktober 2020, layanan video call Google Meet gratis hanya bisa digunakan selama 60 menit atau 1 jam.

Baca: Siap-siap, Durasi Google Meet Versi Gratis akan Dibatasi

Polisi di Jakarta Barat Sediakan Banyak Tempat Penitipan Kendaraan Gratis Bagi Pemudik

Menurut Manajer Produk Google Meet untuk Grup Google, Samir Pradhan, kebijakan ini dikeluarkan untuk membantu para pengguna yang menggunakan layanan tatap muka online Meet untuk tetap terhubung selama beberapa bulan mendatang.

"Sebagai tanda komitmen kami bahwa hari ini kami memperpanjang layanan video call Google Meet tanpa batas (hingga 24 jam) versi gratis sampai tanggal 31 Maret 2021 untuk akun Gmail," kata dia, dikutip dari laman The Verge.

Menteri Perhubungan: Mudik yang Berkeselamatan Tidak Menggunakan Sepeda Motor

Google telah mengeluarkan kebijakan untuk para pengguna Meet gratisan bahwa mereka hanya bisa mengakses layanan dalam waktu satu jam saja. Batasan ini masih lebih lama durasinya dibandingkan aplikasi Zoom yang hanya bisa melakukan video call maksimal 40 menit untuk pengguna non-berbayar.

Google Meet gratis ini bisa menampung mencapai 100 orang dalam satu kali rapat. Para pengguna Gmail sudah bisa menggunakannya tanpa berbayar sejak Mei tahun ini. Pada akun Gmail masing-masing terdapat Tab Meet untuk mengakses layanan video call.

Selain Meet gratis, Google masih punya dua paket lain, yakni G Suite Essentials dan G Suite Enterprise. G Suite Essentials bisa digunakan dengan membayar US$8 atau berkisar Rp118 ribu per bulan. Dengan membayar maka pengguna bisa menggunakan layanan maksimal 300 jam dengan daya tampung hingga 150 orang.

Sementara untuk harga G Suite Enterprise, pihak Google meminta menghubungi bagian penjualannya. Paket dapat digunakan untuk rapat mencapai 300 jam dan peserta hingga 250 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya