Punya Orbit Aneh, Suhu Planet Alien Panasnya Kebangetan

Alien.
Sumber :
  • Slate.com

VIVA – Sebuah planet alien ditemukan dengan karakteristik cukup aneh. Sebab, obyek antariksa itu memiliki suhu sangat panas dan orbit yang aneh. Planet tersebut sudah ditemukan sejak 2018 yang dinamakan WASP-189b. Obyek itu memiliki ukuran cukup besar sama dengan 1,6 kali dari radius Jupiter.

Arsenal Rebut Target Utama, Siap Dominasi Lini Tengah

Lalu, Badan Antariksa Eropa (ESA) menemukan penemuan terbaru soal WASP-189b. Hasilnya planet itu memiliki suhu temperatur mencapai 3.200 derajat celcius. Dengan panas tersebut bisa mengubah besi menjadi gas.

Ini semua dimulai sejak Desember 2019, saat ESA meluncurkan Characterizing Exoplanet Satellite atau CHEOPS untuk melakukan pengamatan sains pada April lalu. Pengamatan CHEOPS itu menunjukkan WASP-189b mengorbit bintangnya dengan cepat, yakni sama dengan 2,7 hari Bumi.

Rusia: ISIS Biasanya Menyerang AS, Jadi Serangan di Moskow Adalah Hal yang Aneh

Hal itu membuat planet menjadi super panas hingga nampak berwarna biru. "Hanya beberapa planet yang diketahui mengitari bintang dengan suhu sepanas ini dan paling terang," ungkap astrofisikawan dari Universitas Jenewa, Swiss, Monikal Lendl, seperti dikutip dari Space, Senin, 5 Oktober 2020.

Ia menambahkan pada waktu siang hari di planet itu sangat terang akibat jarak dengan pusat Tata Surya yang sangat dekat. Dengan begitu, menurut Lendl, bisa mengukur cahaya yang 'hilang' saat WASP-189b melewati bintangnya.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Lendl mengungkapkan panas yang ada dalam planet itu berasal dari serapan cahaya dari pusat Tata Surya. "Nampaknya planet itu tidak memantulkan banyak cahaya dari bintangnya. Namun sebagian besar cahaya bintang diserap oleh planet, memanaskan, dan membuat (planet) menjadi lebih bersinar," jelasnya.

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan baik sehingga berdampak buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024