Hari ini Planet Mars dan Bumi Saling Berdekatan

Foto Bumi dan Bulan dilihat dari Planet Mars.
Sumber :
  • NASA/JPL

VIVA – Planet Mars akan mendekat ke Bumi tidak lama lagi. Keduanya berada dalam jarak terdekat, setidaknya dalam rentang waktu 15 tahun. Jaraknya mencapai 62,1 juta kilometer, dan hal itu akan terjadi pada Selasa hari ini, 6 Oktober 2020, mengutip laman Science Daily.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Peristiwa ini akan terjadi lagi pada 2035, di mana kedua planet itu akan berada dalam posisi terdekatnya, yaitu 56,9 juta kilometer. Artinya, lebih dekat daripada yang terjadi sekarang. Namun, jarak keduanya tahun ini bukan sebagai yang terdekat tetapi pada 2003 yaitu 55,7 juta kilometer.

Baca: Elon Musk Takut-takuti Manusia, Bilang Matahari Bakal Menelan Bumi

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Sementara dua tahun lalu, jaraknya tak beda jauh dengan sekarang yaitu 57,6 juta kilometer antara Bumi dan Mars. Aktivitas saling berdekatan ini memang merupakan hal biasa. Sebab kedua planet memiliki orbit berbentuk elips, jadi ada kalanya saling dekat dan juga berjauhan.

Sementara saat berjauhan, Bumi dan Mars akan berjarak 401 juta kilometer. Ini terjadi saat keduanya berada di sisi berbeda dari Matahari. Saat berada di jarak terdekatnya, masyarakat Bumi dipastikan bisa melihat planet keempat dalam tata surya itu tanpa bantuan teleskop.

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Planet Mars digambarkan akan menampakkan diri dengan lebih terang dan besar. Untuk mengetahui lokasi Mars berada di langit malam, Anda bisa mengeceknya di laman Sky Chart. Jika beruntung, masyarakat Bumi juga bisa melihat Jupiter dan Saturnus secara bersamaan.

Sebelumnya, tiga danau bawah tanah telah terdeteksi di dekat kutub selatan Planet Mars. Para ilmuwan juga mengkonfirmasi keberadaan danau ke-empat - keberadaannya sudah diyakini ada pada 2018.

Air merupakan hal penting bagi mahkluk hidup, jadi menemukan danau di sebuah planet akan menjadi bagian menarik bagi para peneliti untuk mempelajari potensi adanya kehidupan di tempat lain, di dalam tata surya. Tapi danau-danau ini juga dianggap sangat asin, yang bisa menjadi tantangan bagi kelangsungan hidup semua bentuk mikroba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya