Pandemi COVID-19 Jangan Terlalu Banyak Tatap Muka Langsung

ilustrasi transformasi digital.
Sumber :
  • VIVA/Tim Desain

VIVA – Saat ini Indonesia sedang memasuki era revolusi industri 4.0. Dalam tahap ini disrupsi teknologi digital semakin masif. Dampak pandemi COVID-19 dan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) semakin membuat semua elemen bergantung pada solusi teknologi digital. Hal ini dirasakan oleh PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Direktur Utama WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar, mengaku terus berupaya mempermudah layanan terhadap konsumen. Salah satunya pembayaran angsuran lewat QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang menggandeng induk perusahaan PT Bank Maybank Indonesia Tbk.

Menurutnya, pembayaran angsuran melalui QRIS bisa dilakukan di lima kantor layanan WOM Finance seperti Daan Mogot, Kemayoran, Rawamangun, Ciputat, dan Tangerang pada 2 Oktober lalu. Sedangkan pembayaran melalui QRIS akan berlaku secara nasional di seluruh kantor cabang pada pertengahan Oktober 2020.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Ia mengatakan konsumen dapat melakukan pembayaran angsuran berbasis kode QR dengan menggunakan 16 e-wallet atau e-money serta 22 mobile banking. "Penggunaan kode QR dalam pembayaran sangat membantu konsumen melakukan pembayaran secara cepat, efisien, dan real-time," kata dia, Rabu, 7 Oktober 2020.

QRIS

Bluebird Hadirkan Layanan Baru, Pakai Toyota Voxy

Selain menggunakan kode QR, Djaja menyebut juga telah bekerja sama dengan beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, di mana konsumen juga bisa membayarkan angsurannya melalui kedua platform berpredikat unicorn tersebut.

"Saat ini kami sedang menjajaki kerja sama dengan marketplace lain. Nah, kerja sama yang sudah berjalan sebelumnya dengan Bukalapak dan Tokopedia akan terus kami kembangkan, karena seiring dengan era adaptasi kebiasaan baru ini membuat kebutuhan digital kian berkembang dan dinamis,” jelasnya.

Djaja melanjutkan bahwa penerimaan pembayaran digital dan melalui platform marketplace merupakan langkah optimal perusahaan pembiayaan atau multifinance berkode emiten WOMF itu dalam menambah akses kemudahan sistem pembayaran bagi konsumen.

Ia pun berharap dengan adanya kemudahan transaksi digital tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal juga oleh para konsumennya. Bukan itu saja. Djaja juga mengingatkan konsumen agar melakukan pembayaran melalui kanal pembayaran via online yang telah tersedia.

Mulai dari transfer bank hingga lewat minimarket, seperti Indomaret maupun Alfamart. Sedangkan kantor layanan WOM Finance tetap beroperasi secara terbatas dengan melakukan penyesuaian jam operasional, yaitu Senin-Sabtu pukul 09.00-15.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya