Ini Dia Ruangan Paling Sunyi di Dunia, Masuk Guinness Book of Records

Orfield Laboratories.
Sumber :
  • The Journal Times

VIVA – Jika Anda butuh ketenangan atau sekadar menjauh dari hiruk-pikuk perkotaan, mungkin tempat ini bisa menjadi pilihan. Diklaim sebagai ruangan paling sunyi di dunia, Orfield Laboratories sudah masuk ke dalam Guinness Book of Records.

Geger Seorang Perempuan Cetak Rekor Nyeleneh di Dunia

"Ini merupakan ruangan di dalam ruangan. Jadi sangat tenang. Suara di dalam ruangan anechoic (paling hening) ini juga tidak biasa. Beda dari tempat normal. Kami berpikir ini sangat menarik untuk dicoba," kata Pendiri Orfield Laboratories, Steve Orfield, seperti dikutip dari situs CBS Minnesota, Rabu, 21 Oktober 2020.

Baca: Peringatan Bahaya Mega Tsunami Sudah Dikeluarkan

Cristiano Ronaldo Masuk Guinness Book of World Records

Berlokasi di Minnesota, Amerika Serikat (AS), Orfield Laboratories menyediakan satu kamar untuk orang yang mencari keheningan sejenak. Steve mengaku memiliki sekitar enam belas unit kamar tidur yang tenang. Ia pun mengklaim jika ruangannya benar-benar sunyi dan sangat tenang, karena seluruh ruangannya didesain dengan permukaan peredam suara.

Asal tahu saja, ruangan anechoic ini diciptakan dua dekade silam dengan tujuan awalnya untuk penelitian produk audio. Orfield Laboratories melakukan sejumlah pengujian standard serta penelitian produk di ruangan itu.

The Highest Scoreline in Football World, Up to 149-0

Orfield Laboratories

Steve mengatakan telah melakukan sejumlah penelitian yang diinginkan oleh klien. Beberapa di antaranya mengubah produk menjadi lebih tenang atau agar suaranya terdengar lebih halus. Bukan itu saja. Laboratorium ini juga digunakan oleh para astronot untuk membantu mereka mensimulasikan keheningan ruang angkasa.

Ruangan anechoic dibuat dengan banyak layer yang melingkupinya. Dindingnya di bagian ruang interior terbuat dari dua lapisan baja. Sementara itu ada ruang enam sisi yang tidak terhubung dengan bangunan di luar, namun berada di bagian bawahnya. Ruangan luarnya pun menggunakan dua lapisan baja lagi sehingga, dengan kata lain, kerap dijuluki ruangan di dalam ruangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya