Bukan Sebelum Salat Jumat, 3 Sosok Sudah Tiba di Bumi Hari Ini

Astronot NASA Chris Cassidy usai turun dari pesawat antariksa Soyuz MS-16.
Sumber :
  • space.com

VIVA – Astronot Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), Chris Cassidy bersama dua orang kosmonot Rusia, Anatoli Ivanishin dan Ivan Vagner berhasil mendarat selamat di Bumi dengan menggunakan kapsul antariksa Soyuz MS-16 dari Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Soyuz MS-16 mendarat mulus di tenggara kota Dzhezkazgan, Kazakhstan pada Rabu malam, 21 Oktober pukul 22.54 EDT atau Kamis hari ini, 22 Oktober 2020 pukul 10.54 WIB, bukan Jumat pagi, 23 Oktober pukul 09.55 WIB sebelum salat Jumat dimulai.

Baca: NASA Kirim Pesawat Kejar Asteroid Calon Penghancur Bumi

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Ketiga kru ini telah menyelesaikan tugasnya di ISS selama enam bulan. Pendaratan ini juga diabadikan oleh Cassidy di akun Twitter pribadinya.

"Dua puluh tahun lalu mentor astronot sekaligus mantan pasukan khusus Navy Seal, Kapten Bill Shepherd, mengambil alih komando Ekspedisi 1. Sekarang kami mengakhiri dua dekade operasi ISS berawak di luar angkasa," ungkapnya, sepert dikutip dari situs Space.

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Pendaratan ketiganya berlangsung hanya 10 hari sebelum peringatan 20 tahun peluncuran awak pertama yang tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), di mana ekspedisi antariksa itu juga terdiri dari satu orang Amerika Serikat (AS) dan dua orang Rusia.

Usai mendarat selamat di Bumi, tiga kru Soyuz MS-16 lalu dibawa oleh helikopter Rusia ke ruang pemulihan di Karaganda, Kazakhstan. Dari sana, Cassidy akan naik Pesawat NASA untuk penerbangan kembali ke Houston, AS. Sementara Pesawat Pusat Pelatihan Kosmonot Yuri Gagarin membawa Ivanishin dan Vagner ke rumah mereka di Moskow, Rusia.

Kepulangan Cassidy, Ivanishin, dan Vagner dari Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS menandai berakhirnya Ekspedisi 63. Mereka akan digantikan olea astronot NASA Kate Rubins dan dua kosmonot Sergey Ryzhikov serta Sergey Kud-Sverchkov melalui Ekspedisi 64.

Kapsul Soyuz MS-16 adalah pesawat antariksa ke-62 milik Uni Soviet/Rusia yang diluncurkan untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Soyuz melakukan perjalanan 83 juta mil atau 133,5 juta km yang mencakup 3.136 orbit Bumi.

Sebelumnya diberitakan, tiga kru ISS direncanakan akan mendarat mulus pada Kamis malam ini, 22 Oktober pukul 22.55 ET atau Jumat pagi, 23 Oktober 2020 pukul 09.55 WIB sebelum salat Jumat dimulai, seperti dikutip dari The Verge. Keberangkatan mereka dimulai saat masuk ke dalam kapsul Soyuz MS-16.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya