Apple Bikin Bos Facebook Kebakaran Jenggot

Bos Facebook Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • Sott

VIVA – Bos Facebook, Mark Zuckerberg melancarkan tudingan pada Apple. Menurutnya, kebijakan keamanan perusahaan itu bisa menyusahkan UMKM hingga ekonomi secara luas.

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Sebelumnya, Apple berencana untuk membatasi kemampuan pengiklan melacak lokasi pengguna iPhone.

"Tindakan yang direncanakan oleh perusahaan platform seperti Apple bisa memiliki efek negatif pada bisnis kecil dan pemulihan ekonomi tahun 2021 hingga seterusnya," ungkap Zuckerberg dalam laporan keuangan perusahaan, dikutip dari Business Insider, Jumat, 30 Oktober 2020.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Rencana pembatasan Apple sebenarnya akan digulir untuk pembaruan iOS 14. Jadi, sistem operasi itu akan mencegah aplikasi melacak lokasi pengguna tanpa izin.

Perubahan ini diumumkan pertengahan tahun, namun akhirnya ditunda sebelum iOS 14 diluncurkan. Alasannya, untuk memberikan pengiklan cukup waktu mempersiapkan kebijakan baru tersebut.  

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

"Iklan yang dipersonalisasi membantu bisnis kecil menemukan pelanggannya, mengembangkan bisnis mereka dan menciptakan lapangan kerja," ujar Zuckerberg.

Dengan pembatasan itu,  Zuckerberg menuturkan maka akan melukai kemampuan bisnis UMKM dalam menjangkau pelanggannya.

Kebijakan Apple itu jelas akan berdampak pada Facebook. Perusahan itu mengakui akan ada penurunan pendapatan 50 persen di iOS untuk Audience Network, sistem yang membantu perusahaan menargetkan iklan untuk pengiklan.

Facebook kemungkinan harus menghentikan mengembangkan sistem Audience Network pada iOS di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya