Mau Ngetes Layanan Internet Punya SpaceX, Bayar Rp1,4 Juta

SpaceX Starlink satellites.
Sumber :
  • GeekWire

VIVA – Raksasa teknologi milik Elon Musk, spacex">SpaceX, membuka kesempatan bagi publik untuk mencoba jaringan internet satelit Starlink secara beta. Penguji cukup membayar US$499 (Rp7 jutaan) untuk peralatan pendukung milik Starlink, lalu US$99 (sekitar Rp1,4 juta) untuk biaya bulanannya.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

SpaceX akan mengirim undangan melalui email kepada penguji untuk mencicipi kecepatan jaringan internet Starlink. Setelah email diterima dan dibalas, pihak Starlink lalu akan mendatangi kediaman penguji.

Pada Minggu lalu, seperti dikutip dari situs Space, Jumat, 6 November 2020, orang-orang yang telah mendaftarkan minat pada layanan di situs web Starlink mulai menerima email dari SpaceX untuk mengikuti uji beta, yang disebut "Better Than Nothing Beta".

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Sejak Mei 2019, SpaceX telah meluncurkan satelit internet Starlink dalam gelombang sekitar 60 unit, dengan tujuan menciptakan megaconstellation yang terdiri dari ribuan satelit kecil berseri-seri. "Jaringan tersebut akan menyediakan jangkauan internet global dari luar angkasa," kata perwakilan SpaceX.

Penguji akan mendapat layanan kecepatan data bervariasi. Mulai dari 50 hingga 150 Mbps (megabyte per detik) dengan latensi dari 20 sampai 40 milidetik selama beberapa bulan ke depan. Tentu saja, untuk menuju ke sana sistem Starlink akan terus disempurnakan.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Saat ini, SpaceX memiliki hampir 900 satelit Starlink di orbit Bumi. Raksasa teknologi milik Elon Musk ini berencana untuk terus meluncurkan satelit dan memasang stasiun Bumi untuk menerima sinyal yang akan meningkatkan latensi, kecepatan data, serta waktu aktif.

Mereka berharap semuanya berjalan sesuai rencana pada musim panas 2021. SpaceX juga telah merilis aplikasi seluler Starlink untuk perangkat iOS dan Android untuk membantu pengguna beta mengatur dan mengelola layanan.

Peralatan pendukung Starlink yang harus dibeli pengguna termasuk terminal pengguna array bertahap, atau parabola kecil, tripod pemasangan untuk terminal pengguna dan router wifi. Namun, perusahaan belum mengonfirmasi kapan terminal pengguna akan dikirim ke rumah orang.

SpaceX saat ini menargetkan pengguna yang berbasis di bagian utara AS dan Kanada bagian selatan, di mana sistem Starlink memiliki jangkauan satelit yang lebih baik.

Meski begitu, SpaceX belum mengonfirmasi berapa banyak undangan awal yang dikirim, atau apakah harga beta sama dengan yang akan dikenakan SpaceX selama ketersediaan masih ada. Jika Anda tertarik dengan layanan internet berbasis ruang angkasa, Anda dapat mendaftar di situs Starlink.com.

Sebelumnya, Elon Musk mengungkap tidak akan mengakui hukum internasional di Planet Mars. Sebagai gantinya, ia akan menggunakan serangkaian aturan hukum yang dibuat pada saat penyelesaian Mars.

Ia mengatakan setiap koloni masa depan yang diciptakan oleh SpaceX kemungkinan akan menggunakan konstelasi satelit Starlink yang mengorbit Planet Merah untuk menyediakan koneksi internet kepada manusia di Bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya