Mantan Astronot NASA Lagi Berbahagia

Mantan astronot NASA, Mark Kelly.
Sumber :
  • The Verge

VIVA – Mantan astronot Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) Mark Kelly siap-siap mengemban tugas barunya sebagai senator di Kongres AS setelah menang perebutan kursi Senat di Negara Bagian Arizona. Politis Partai Demokrat itu mengalahkan Martha McSally dari Partai Republik dengan memperoleh 52 persen suara.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Kemenangan ini membuat Kelly tercatat sebagai mantan astronot keempat yang menjadi senator AS, melansir laman People, Jumat, 6 November 2020. Dalam akun Twitternya, ia mengungkapkan rasa hormatnya setelah resmi terpilih dan mengisi kursi yang sebelumnya diisi mendiang John McCain.

"Saya sangat terhormat. Jabatan ini untuk masyarakat Arizona yang mempercayai saya untuk menjadi Senator Amerika Serikat berikutnya. Saya siap melayani dari kursi yang sebelumnya dipegang Senator John McCain," tulis Kelly.

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

Pria berusia 54 tahun itu merupakan pensiunan Kapten Angkatan Laut Amerika Serikat dan juga seorang astronot. Mark Kelly telah meluncur sebanyak empat kali ke antariksa.

Perjalanan terakhir terjadi sembilan tahun lalu dalam misi Space Shuttle Endeavour. Kelly dan juga saudara kembarnya, Scott, yang juga seorang pensiunan astronot yang ikut dalam misi twins study NASA.

Manipulasi Putusan MK soal Pilpres Lalu Diunggah di Tiktok, Pria di Riau Diciduk Polisi

Saat itu Scott menghabiskan waktu satu tahu di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), sementara para peneliti mengumpulkan data soal Planet Mars saat kembali ke Bumi untuk dilakukan penelitian lebih dalam.

Sebagai tanda terima kasih, Kelly menyebut kampanyenya sebagai misi yang sama seperti saat dirinya masih aktif sebagai astronot.

"Saat meluncurkan kampanye di tempat ini (Arizona), saya teringat 619 hari yang lalu bahwa saya tidak pernah bisa mengantisipasi berapa banyak warga Arizona yang akan menjadi bagian dalam misi ini. Misi tidak berakhir saat pemungutan suara terakhir dihitung. Ini baru permulaan," ungkap Mark Kelly.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya