Empat Sosok Ini Wajib Masuk Ruangan Khusus Selama 2 Minggu

Para astronot dan kosmonot merayakan Hari Thanksgiving di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Sumber :
  • Twitter/International Space Station

VIVA – Empat sosok ini wajib masuk ruangan khusus selama dua minggu. Sosok yang dimaksud adalah empat orang yang terdiri dari tiga astronot Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) dan seorang astronot dari Badan Antariksa Jepang (JAXA).

Jepang Cetak Sejarah

Mereka telah masuk karantina bersama sejak 31 Oktober lalu sebelum meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 14 November mendatang, seperti dikutip dari blog resmi NASA, Senin, 9 November 2020. Keempatnya direncanakan terbang ISS lewat Misi Crew-1 SpaceX pukul 19.49 EST atau 15 November 2020 pukul 07.49 WIB.

Baca: Siap-siap, Besok Pagi Sebelum Salat Jumat Bumi Kedatangan Sosok Ini

Bisakah Cuci Baju di Luar Angkasa?

Adapun keempat astronot tersebut adalah Michael Hopkins, Victor Glover, Shannon Walkter, dan Soichi Noguchi. Sebenarnya, seluruh astronot yang akan pergi ke luar angkasa bisa melakukan karantina mandiri di rumah hingga tanggal peluncuran.

Namun, jika tidak bisa maka disediakan Fasilitas Karantina Astronot di Pusat Antariksa Johnson sampai waktu keberangkatan. Mereka akan pergi menggunakan pesawat SpaceX Crew Dragon yang ada di atas roket Falcon 9 dari Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat (AS).

Cuaca Buruk dan Angin Kencang Penyebab Misi Jepang ke Bulan Ditunda

Kegiatan ini dalam bentuk menjaga stabilitas kesehatan seluruh awak pesawat dalam tahap terakhir sebelum peluncuran. Menghabiskan dua minggu sebelum lepas landas dengan karantina dapat memastikan seluruh kru sehat dan terlindungi saat berada di ISS nanti.

Skrining ketat juga dilakukan bagi orang-orang yang akan berinteraksi dengan kru selama masa karantina. Mereka harus diukur suhu dan gejalanya. Selain itu Hopkins, Glover, Walker, Noguchi serta orang-orang yang berkontak langsung dan dekat dengan kru akan melewati uji dua kali untuk Virus Corona COVID-19.

Sebelumnya, Astronot NASA Chris Cassidy bersama dua orang kosmonot Rusia, Anatoli Ivanishin dan Ivan Vagner berhasil mendarat selamat di Bumi dengan menggunakan kapsul antariksa Soyuz MS-16 dari Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS.

Soyuz MS-16 mendarat mulus di tenggara kota Dzhezkazgan, Kazakhstan pada Rabu malam, 21 Oktober pukul 22.54 EDT atau Kamis hari ini, 22 Oktober 2020 pukul 10.54 WIB, bukan Jumat pagi, 23 Oktober pukul 09.55 WIB sebelum salat Jumat dimulai.

Ketiga kru ini telah menyelesaikan tugasnya di ISS selama enam bulan. Pendaratan ini juga diabadikan oleh Cassidy di akun Twitter pribadinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya