Usia di Bawah 5 Tahun Sudah Main Internet

Ilustrasi anak bermain ponsel.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo mengatakan pandemi COVID-19 mengubah kebiasaan masyarakat. Jika sebelumnya akses lebih banyak di media sosial, namun kini bergeser ke layanan pendidikan online, video konferensi online, belanja online, hingga teknologi kesehatan (health tech).

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Begitu pula dengan usia pengguna internet juga sudah bergeser. Jika sebelumnya berada di umur belasan tahun, sekarang kemungkinan berada di usia sekolah dasar (SD), bahkan murid pra-sekolah atau di bawah 5 tahun.

Baca: Jasa Internet di Indonesia Mahal Tapi Lambat

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

"Sekarang ini usia enam tahun ke atas sudah menjadi user (pengguna) internet. Karena, SD sudah menjalankan home schooling. Bahkan, mereka yang sekolah di bawah SD, seperti play group atau TK, juga sudah main internet. Mereka juga melakukan home schooling," kata Direktur Jenderal PPI Kominfo, Ahmad Ramli, Senin, 9 November 2020.

Ia juga mencontohkan kenaikan signifikan penggunaan internet di belanja online, yaitu saat bulan kedua pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia yang hingga 400 persen. Bukan itu saja. Ramli menyebut tahun depan Kominfo akan membangun jaringan internet 4G di sejumlah daerah yang belum tersentuh akses telekomunikasi atau masih blank spot.

Kamu Bisa Berbagi Foto Tanpa Internet, Ada Fitur Punya iPhone

Berdasarkan data Kominfo, terdapat 12.548 desa/kelurahan di Indonesia yang belum tercover 100 persen jaringan internet 4G. Dari jumlah tersebut ada 9.113 desa/kelurahan di wilayah 3T dan non 3T sebanyak 3.455. "Wilayah ini akan dibangun jaringan internet 4G mulai tahun depan," jelasnya.

Sebelumnya, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet atau APJII menyebutkan masih ada masyarakat Indonesia yang belum menggunakan internet. Sebanyak 10,2 persen mengaku jika mereka tidak tahu bagaimana caranya menggunakan teknologi. Padahal, saat ini sudah 73,7 persen atau 196,7 juta masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan internet dengan memakai smartphone.

PM Singapura Lee Hsien Loong

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Singapore Prime Minister Lee Hsien Loong said Monday that he will step down on May 15 after two decades on duty and hand power to his deputy Lawrence Wong.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024