Kuota Nonstop dan Paket Internet Unlimited, Apa Sih Bedanya?

Sinyal Smartfren di jalur Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Pada pertengahan Agustus lalu, operator telekomunikasi Smartfren meluncurkan paket internet baru bernama Kuota Nonstop. Ini adalah paket kombinasi kuota data 24 jam dengan akses internet tanpa batas. Lantas, apa bedanya dengan paket Unlimited?

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya

Berdasarkan data yang diolah, Rabu, 11 November 2020, selama ini, Smartfren identik sebagai pelopor paket internet Unlimited. Mereka juga memiliki paket internet berbasis volume yang pengembangan terbarunya bernama paket 1ON+.

Baca: Ada Satu Rahasia yang Masih Disimpan Smartfren

Kemenkominfo Ingatkan Telkomsel, Indosat, Smartfren dan XL Axiata

Nah, Kuota Nonstop merupakan pengembangan berikutnya yang merupakan hybrid antara paket Unlimited dengan volume. Paket Unlimited cocok bagi mereka yang ingin paket internet dengan budget tetap. Artinya, hanya sekali bayar saja sudah bisa mengakses internet dan aplikasi apapun tanpa batas, tanpa terikat zona, dan tanpa rasa khawatir.

Paket ini memiliki batas pemakaian wajar (fair usage policy/FUP) yang diperbaharui setiap hari, namun ada juga pilihan Booster Unlimited tambahan yang bisa dipakai untuk memperbesar batas pemakaian wajar harian tersebut.

Menkominfo Kasih Lampu Hijau Operator Telekomunikasi untuk Merger

Sementara itu, Kuota Nonstop adalah paket yang terdiri dari kuota utama berukuran besar dan akses nonstop yang bisa dipakai setelah kuota utama habis terpakai. Kuota Nonstop ini pun punya empat varian dengan harga berbeda.

Keempatnya yaitu Paket Kuota Nonstop 6GB harga Rp30 ribu, Paket Kuota Nonstop 10GB harga Rp45 ribu, Paket Kuota Nonstop 18GB harga Rp65 ribu, dan Paket Kuota Nonstop 30GB harga Rp100 ribu. Keempatnya pun memiliki masa aktif 28 hari.

Kuota utama tersebut aktif selama 24 jam dan bisa dipakai untuk mengakses semua aplikasi. Ketika kuota utama habis, koneksi internet tetap bisa dipakai namun dengan kecepatan yang disesuaikan, yaitu 256 Kbps sampai batas 1GB. Setelah itu kecepatannya akan turun sampai 64 Kbps.

Kecepatan ini memang terbilang rendah, namun tetap cukup untuk sekadar menerima pesan instan seperti lewat WhatsApp. Paket Kuota Nonstop ini pun bisa dikombinasikan dengan kartu perdana lain, dan tetap mempertahankan manfaat dari kartu perdana tersebut.

Namun, ada manfaat menarik lainnya dari Kuota Nonstop. Karena bentuk paketnya berupa voucher data, maka bisa mengombinasikannya dengan manfaat yang diperoleh dari kartu perdana apapun dari Smartfren.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya