Fitur Pesan Menghilang Hadir di Instagram dan Messenger

Instagram
Sumber :
  • Techcrunch

VIVA – Facebook merilis Vanish Mode, yakni fitur yang membuat pesan teks, foto, pesan, suara, emoji dan stiker menghilang setelah dilihat penerima pesan dan kolom chat ditutup. Mode ini hadir untuk Messenger dan Instagram.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Sebenarnya, sejumlah pengguna Messenger dan Instagram sudah akrab dengan pesan menghilang ini sejak beberapa waktu lalu.

Pihak Facebook sudah mengumumkan Vanish Mode mulai September lalu, dalam redesain besar pada platform. Sementara, pesan menghilang juga sudah ada di Direct Message Instagram, yakni foto dan video akan hilang setelah dilihat.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Namun, Vanish Mode akan muncul di dua aplikasi sebagai sebuah pilihan penggunaan. Melansir The Verge, Jumat, 13 November 2020, pengguna dapat mengaktifkannya dan memastikannya dalam pengaturan pesan.

Pengguna yang mengaktifkan mode ini, juga akan diberitahu jika lawan bicaranya mengambil tangkapan layar dalam kolom chat.

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus

Sebagai catatan, Vanish Mode hanya tersedia hanya untuk chat perorangan, bukan untuk pesan grup.

Walau pesan bersifat sementara, Facebook menyatakan pengguna masih bisa melaporkan perilaku lawan bicaranya. Namun, tak jelas sejauh apa percakapan bisa ditinjau perusahaan itu untuk pelanggaran.

Vanish Mode dalam Messenger sudah tersedia untuk pengguna beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. Sementara itu, fitur mulai bisa digunakan di Instagram dalam beberapa hari lagi.

Sebelumnya, fitur menghilangkan pesan juga tersedia di WhatsApp. Namun, pihak perusahaan memberikan waktu untuk chat hilang dalam waktu tujuh hari setelah dikirimkan.

Baca juga: Viral Para Pemburu Flash Sale Pakai BOT di Harbolnas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya