Infrastruktur Seluler Siap Dibangun di Sirkuit Mandalika

VR Run Series Mandalika 2020.
Sumber :

VIVA – Indonesia bersiap menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun depan. Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama operator seluler sedang bersiap-siap membangun infrastruktur untuk menghadapi hajatan internasional tersebut.

Menkominfo Lagi Semringah

Menkominfo Johnny G Plate bersama seluruh operator seluler baru saja mengadakan pertemuan. Salah satunya membicarakan pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sejumlah wilayah.

Baca: Menkominfo Kejar Target Pemerataan Sinyal Internet hingga Pelosok

Menjelajahi Ruang Digital Tanpa Batas

"Kita juga membahas bagaimana operator seluler dan BLU Bakti Kominfo mengambil bagian yang masif dalam menyediakan infrastruktur TIK yang lebih memadai di daerah destinasi wisata super prioritas ini," kata Johnny, Selasa, 17 November 2020.

Ia menyebutkan pembangunan ini termasuk untuk penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika dan G20 Summit Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2023.

Sebarkan Cintamu, Hindari Berbagi Passwordmu!

Selain itu juga Kominfo dan operator seluler memilik rencana untuk meng-upgrade jaringan 3G ke 4G. Hal ini dilakukan agar jaringan 4G bisa lebih luas lagi tersedia di Tanah Air.

"Rencana untuk upgrade dari 3G ke 4G yang akan diatur lebih lanjut sehingga hadirnya tersedia 4G di Indonesia lebih luas dan kecepatan bandwidth memadai," tutur Johnny.

Selain itu ia berjanji akan membangun jaringan 4G di seluruh layanan kesehatan di Tanah Air, yang jumlahnya mencapai 3.126 fasilitas. Ini semua dibangun oleh Bakti Kominfo.

Johnny juga menambahkan jika pertemuan antara Kominfo dengan operator seluler akan terus dilakukan. Dengan begitu bisa membangun industri telekomunikasi yang lebih efisien serta kompetitif.

"Kami akan terus mengadakan pertemuan yang sifatnya bagaimana menbangun industri telekomunikasi yang lebih efisien, yang lebih baik, yang lebih kompetitif dengan menyiapkan ruang yang lebih sehat dalam fair business yang memadai," ungkap Menkominfo Johnny G Plate.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya