Astronot Kulit Hitam Cetak Sejarah di Luar Angkasa

Astronot NASA Victor Glover.
Sumber :
  • Space.com

VIVA – Victor Glover baru saja menorehkan sejarah. Untuk pertama kalinya orang kulit hitam akan tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dalam jangka waktu yang lama. Ia merupakan astronot Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) yang berasal dari etnis Afrika-Amerika.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Dilansir dari situs Space, Rabu, 18 November 2020, Glover akan berada di ISS selama enam bulan. Adapun dua kru NASA lainnya adalah Mike Hopkins dan Shannon Walker, serta astronot Jepang, Soichi Noguchi.

Baca: Kenalan Sama 4 Astronot yang Pergi Pakai SpaceX ke ISS

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Keempatnya pergi ke laboratorium yang mengorbit Bumi menggunakan kapsul Crew Dragon milik SpaceX. Mereka berangkat pada Minggu, 15 November 2020 dari Kennedy Space, Florida, AS.

"Ini adalah sesuatu yang harus dirayakan setelah kita mencapainya. Dan, tahukah kalian, saya merasa terhormat bisa berada di posisi ini dan menjadi bagian dari kru yang hebat serta berpengalaman," kata Glover, sebelum berangkat ke ISS.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Glover berharap bisa melakukan yang terbaik agar semua pihak tahu bahwa Crew-1 memang layak untuk pekerjaan yang telah disiapkan untuk misi ini. Ia bukanlah orang kulit hitam pertama yang pergi ke luar angkasa.

Beberapa orang lainnya pernah mengunjungi ISS, namun hanya dalam hitungan beberapa minggu saja. Glover akan berada di Ekspedisi 64 dan 65 dalam waktu setengah tahun atau enam bulan.

Menurut NASA, Glover merupakan pilot dengan pengalaman tinggi. Ia telah terbang lebih dari 3.000 jam pada 40 penerbangan. Selain itu Glover juga pernah mendarat kan pesawat di kapal induk sebanyak 400 kali serta berpartisipasi dalam 24 misi tempur.

Setidaknya, sudah ada 300 astronot NASA yang pergi ke luar angkasa. Sedangkan Glover menjadi yang ke-15 dari kelompok kulit hitam yang beruntung terbang ke ISS. Ia terpilih menjadi astronot pada 2013.

Lalu, pada 16 Agustus kemarin, Victor Glover bergabung dengan Jeanette Epps yang akan menumpang kapsul Boeing CST-100 Starliner dalam sebuah misi ke luar angkasa yang jadwal peluncurannya dilakukan pada tahun depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya