Piringan Raksasa Pencari Alien Lenyap dari Bumi

Ilustrasi alien turun ke Bumi.
Sumber :
  • Gaia

VIVA – National Science Foundation (NSF) menonaktifkan piringan radio Arecibo Observatory setelah kerusakan yang terjadi pada fasilitasnya dan terlalu berbahaya untuk dilakukan perbaikan.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Dari laman Space, Jumat, 20 November 2020, pengumuman datang ketika para ilmuwan menunggu keputusan tentang nasib observatorium tersebut. Tahun ini laboratorium pencari alien itu dilanda kerusakan parah pada kabel-kabelnya.

Baca: Gagal Berburu Alien gara-gara Piringan Raksasa Tua Rusak

Top Trending: Naik Bus Hantu dari Lampung ke Bekasi, Pimpinan Aolia Mbah Benu Beri Klarifikasi

Pada Agustus lalu, kabel terlepas dari soketnya, namun setelah dievaluasi oleh para insinyur, situasinya dianggap stabil. Kemudian pada awal bulan ini, kabel berikutnya terputus, membuat nasibnya semakin mendapat ketidakjelasan.

Setelah mempertimbangkan tiga laporan teknik, NSF sebagai pemilik properti seberat 900 ton itu memutuskan bahwa Arecibo Observatory tidak lagi bisa digunakan karena terlalu berbahaya menempatkan personel untuk perbaikan.

Pria yang Disebut Mirip Alien Lalu Pukul hingga Ludahi Wanita di Kendari Ditangkap

"Tujuan kami adalah menemukan cara untuk melestarikan teleskop tanpa membahayakan keselamatan siapa pun," ujar Sean Jones dalam konferensi pers.

Ia melanjutkan, NSF tidak menemukan jalan yang memungkinkan mereka bisa melakukan perbaikan dengan aman. Penundaan pengambilan keputusan bisa membuat seluruh fasilitas berisiko runtuh tak terkendali.

"Menurut penilaian teknik, upaya stabilisasi atau pengujian kabel dapat mengakibatkan percepatan bencana. Insinyur tidak tahu atas keamanan struktur, namun mereka mengatakan bahwa struktur akan runtuh dalam waktu dekat," kata Jones.

Badan tersebut saat ini memprioritaskan penonaktifan antena parabola radio dengan aman dan melindungi sisa-sisa fasilitas yang ada di sana.

Mereka tidak menonaktifkan laboratorium secara keseluruhan mengingat pentingnya fasilitas di sana, yang mana sudah memiliki banyak penemuan selama beberapa dekade.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya