Sering Diremehkan, Ini Pentingnya Data Analytics

Ilustrasi data center.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jika bicara mengenai analisa data atau data analytics, banyak orang yang langsung berpikir bahwa itu adalah sebuah hal yang membosankan. Namun, ternyata pekerjaan tersebut memegang peranan yang sangat penting.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Data Analytics menjadi hal yang absolut di era Industri 4.0. Teknologi analisa data dan teknik digunakan di industri komersial, untuk memudahkan perusahaan mendapatkan hasil akhir yang lebih baik dan akurat.

Penggunaan dari hasil analisa juga beragam. Mulai dari mengembangkan bisnis, mendiagnosa suatu penyakit hingga untuk optimasi website.

Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu

Selain itu, ada manfaat lain yakni untuk memeriksa sejumlah besar data untuk mengungkap pola tersembunyi, korelasi dan wawasan lainnya. Dengan teknologi saat ini, dimungkinkan untuk menganalisa data dan mendapatkan jawaban dengan segera.

Visiting Professor di program Magister Biomanajemen i3l School of Business, Prof John Vong menyatakan bahwa keputusan yang baik hanya bisa dibuat dengan adanya data.

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Data science sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang data kuantitatif dan numerik, dan telah menjelma menjadi keahlian yang dicari di era modern saat ini. Penggunaanya sendiri tergantung dari penempatan karir yang dimiliki oleh tiap-tiap orang” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Minggu 22 November 2020.

Menurutnya, saat ini ada jenis analisa yang perlu diketahui generasi muda saat ini. Pertama adalah Analisis Kesehatan, yang mengacu pada informasi berjumlah besar serta diterapkan pada bidang kesehatan.

Misalnya, bagaimana kita bisa mengidentifikasi kondisi kesehatan seseorang menggunakan ponsel. Jadi, aplikasi dalam ponsel tersebut dapat mendiagnosa penyakit saluran pernapasan apa yang sedang diderita seseorang, melalui pola dari batuk tersebut.

“Dengan adanya analisis data kesehatan, peluang kesembuhan seseorang pun meningkat. Sebab, kita memiliki sejumlah data pasien yang besar dan dapat dipantau tren tertentu sehingga mengarah pada ke kondisi pasien yang lebih baik” tuturnya.

Kedua yakni Analisis Pemasaran, yang merupakan upaya mengukur dan menganalisis kinerja pemasaran untuk mengelola dan memaksimalkan efektivitas kinerja hingga mengoptimalkan laba atas investasi.

Pemanfaatan analisis pada aktivitas pemasaran ini dapat mendukung proses pembuatan keputusan yang lebih baik di berbagai kanal. Dengan pemanfaatan analisis data, perusahaan dapat meraih otomatisasi pemasaran yang lebih baik.

Melalui analisis data pemasaran yang baik, perusahaan juga dapat menyusun proses marketing campaign yang disesuaikan berdasarkan keperluan bisnis atau terkait isu industri tertentu. Setelah dikembangkan, proses tersebut dapat disimpan dan diterapkan ulang apabila dibutuhkan kembali.

Terakhir adalah Analisis We, yaitu proses mengukur dan menganalisis statistik lalu lintas pada sebuah website. Dengan web analytics, Anda akan tahu berapa lama pengunjung menelusuri website Anda, siapa mereka dan dari mana mereka berasal.

Web analytics juga memberikan informasi berupa data yang dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung. Dengan memahami perilaku pengguna, kita bisa mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan konversi sesuai dengan yang diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya