Planet Jupiter dan Saturnus Jadi Anak Kembar

Jupiter dan Saturnus.
Sumber :
  • Tech Explorist

VIVA – Sebuah kejadian langka akan terjadi tidak lama lagi. Planet Jupiter dan Saturnus akan hadir di langit bak anak kembar, karena keduanya akan berada pada jarak terdekatnya.

Yakin Nagita Slavina Hamil Tahun Ini, Raffi Ahmad Ungkap Rencana Punya 5 Anak

Peristiwa planet ganda ini terjadi pada 21 Desember mendatang dan tercatat menjadi yang pertama setelah berabad-abad. Keduanya akan berada dalam jarak terdekatnya dibanding sebelumnya, melansir laman Express, Senin, 23 November 2020.

Baca: Molekul Aneh Ditemukan di Titan, Bulan Terbesar Milik Saturnus

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

"Kedua planet sejajar sangat jarang terjadi sekitar setiap 20 tahun atau lebih," ungkap Astronom Universitas Rice, AS, Patrick Hartigan. Ia menyebutkan kejadian yang sama pernah terjadi 4 Maret 1226 atau sekitar 800 tahn silam.

Namun sebenarnya, Jupiter dan Saturnus memang telah mendekat secara bertahap sejak pertengahanan 2020. Sementara nanti antara 16 hingga 25 Desember, keduanya akan terpisah kurang dari diameter saat Bulan masuk fase purnama.

Risiko Serius pada Ibu yang Hamil Anak Kembar, dari Preeklamsia hingga Kematian Pada Janin

"Saat jarak terdekatnya pada tanggal 21 Desember nanti, mereka akan terlihat seperti planet ganda hanya terpisah seperlima diameter Bulan Penuh," kata dia. Sejumlah astronom sepakat untuk melihat fenomena langka terbaik adalah masyarakat yang berada di dekat ekuator.

Namun, tak menutup kemungkinan bisa diamati dari belahan Bumi manapun jika cuaca memungkinkan. Hartigan mengatakan kedua planet akan terus membayangi langit sebelah barat dalam waktu satu jam. Kejadian ini bisa terlihat setelah matahari terbenam setiap malamnya. "Semakin ke utara akan semakin sedikit waktu yang dimiliki untuk melihat konjungsi sebelum planet tenggelam di cakrawala," tutur Hartigan.

Mayat alien.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Perburuan alien belum usai. Dua orang ilmuwan membuat proposal baru yang merinci bagaimana manusia dapat mencari alien di planet jauh. Tapi, tidak semua ilmuwan begitu.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024