Mencari Sesuatu di Instagram Kini Lebih Gampang

Instagram.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Instagram meningkatkan kemampuan penelusuran penggunanya dalam platform itu. Pihak perusahaan mengumumkan, jika sekarang pengguna sudah bisa melakukan pencarian menggunakan kata kunci.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Sebelumnya, pencarian hanya bisa menggunakan tagar atau akun. Misalnya, mencari resep sehat dengan menggunakan #healthyrecipe.

Pencarian tagar itu hanya menghasilkan unggahan yang ditandai #healthyrecipe atau akun dengan biodata yang menuliskan healthy recipe di dalamnya.

Aura Kasih Mendadak Umumkan Rehat dari Medsos, Warganet Bertanya-tanya

Namun sekarang, pencarian cukup dengan menggunakan kata kunci saja, seperti dilansir dari The Verge, Senin 23 November 2020. Jadi misalmya, mencari resep sehat akan muncul seluruh unggahan mengenai hal itu, walaupun tag spesifiknya hilang.

Peluncuran ini baru dilakukan untuk pengguna berbahasa Inggris di enam negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat, Irlandia, dan Kanada. Namun tidak jelas bagaimana Instagram menentukan isi sebuah konten.

Lolly Datangi Rumah Nikita Mirzani, Berharap Bisa Bertemu Meski 10 Menit

Juru bicara Instagram menyatakan, tim perusahaannya mempertimbangkan sejumlah faktor termasuk tipe konten, captions, dan kapan diunggah. Selain itu konsep baru pencarian juga menggunakan machine learning.

Semua hal itulah yang akan memunculkan hasil pencarian paling relevan. Inovasi tersebut merupakan perubahan terbesar bagi pencarian konten, karena sebelumnya pengguna cukup frustasi saat mencari postingan yang diinginkan.

Tetapi ternyata kemampuan ini juga masih dibatasi. Pihak Instagram menyatakan hanya bisa untuk istilah tertentu.

"Pencarian terbatas hanya untuk topik yang diminati secara umum dan kata kunci yang sesuai dengan pedoman komunitas Instagram," ujar pihak Instagram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya