Logo WARTAEKONOMI

Kekayaan Bill Gates Disalip Elon Musk, Gara-gara Sering Beramal

Bill Gates House. Image via: Business Insider
Bill Gates House. Image via: Business Insider
Sumber :
  • U-Report

Pendiri Microsoft Bill Gates telah lama menjadi orang terkaya di dunia. Namun, pada tahun 2017 posisi Gates direnggut oleh bos Amazon Jeff Bezos hingga ia menjadi orang terkaya kedua di dunia. Tetapi hari ini, bos Tesla Elon Musk telah menyalip kekayaan Bill Gates.

Harga saham Tesla yang terus meningkat hingga melonjaknya valuasi perusahaan mobil listrik kebanggan Musk membuat pundi-pundi pria 49 tahun ini terus meningkat. Bahkan, menurut Bloomberg Billionaires Index saat ini kekayaan Musk berada di angka USD136 miliar (Rp1.930 triliun). (kurs Rp14.197/dolar)

Sementara itu, kekayaan Gates hari ini hanya meningkat sedikit ke angka USD129 miliar (Rp1.831 triliun). Dilansir dari New York Post di Jakarta, Rabu (25/11/2020) sejatinya kekayaan Gates bisa lebih dari apa yang ia miliki sekarang apabila ia tidak beramal.

Sebagaimana diketahui, Gates banyak melakukan amal melalui yayasannya Bill & Melinda Gates Foundation. Sudah begitu banyak uang yang dirogoh oleh Gates untuk aksi kemanusiaan. Sementara Musk dan Bezos terpantau masih sangat sedikit mengeluarkan uangnya untuk filantrofi.

Sementara Gates telah mengeluarkan sekitar 10-20 persen dari total kekayaannya untuk amal. Selain itu, bersama Warren Buffett, Gates mencetuskan program Giving Pledge, di mana para orang terkaya diharapkan menyumbangkan sebagian besar uangnya secara bertahap.

Meski demikian, Musk adalah salah satu anggota dalam program Giving Pledge, walau belum terdengar kabar filantropinya. Tetapi pada tahun 2018, Musk pernah berjanji akan menyumbangkan saham Tesla senilai USD 100 juta untuk amal.