Pengguna Instagram Diserang Penipuan

Fitur Instagram.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Media sosial dengan jutaan pengguna, yakni Instagram tengah dibanjiri penipuan. Beberapa pengguna melaporkan, mereka menerima pesan untuk mengatur ulang kata sandi.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

"Apakah ada yang mendapat pesan dari Facebook yang mengatakan 'Ketuk untuk mengatur ulang kata sandi Instagram' diikuti dengan tautan," bunyi sebuah tweet, dikutip dari laman Mirror, Kamis, 26 November 2020.

Warganet lainnya menulis, "Jika Instagram mengirim SMS untuk menyetel ulang sandi, itu berarti seseorang mencoba meretas saya.”

Cara Mahasiswi Cantik Tipu Korban Tiket Konser Coldplay hingga Raih Rp 1,2 Miliar

Pesan yang mereka dapatkan bukan berasal dari Instagram dan kemungkinan besar adalah penipuan phishing baru, yang dirancang untuk mencuri kata sandi pengguna dan mengakses akun.

Penting untuk diketahui, anak perusahaan Facebook itu hanya akan memberi tahu jika pengguna wajib mengganti kata sandi melalui email pengguna dengan alamat resmi.

Polisi Cokok Mahasiswi Pelaku Penipuan Tiket Coldplay yang Raup Untung hingga Rp1,2 M

"Konsumen perlu menyadari bahwa pesan teks palsu biasanya dieksploitasi dengan cara tertentu oleh peretas. Oleh sebab itu pengguna jangan mengklik tautan tersebut," ujar pakar privasi, Ray Walsh.

Walsh melanjutkan, jika tidak sengaja atau sudah terlanjur mengklik tautan, untuk segera memutus sambungan perangkat dari internet dan menutup halaman.

Instagram baru-baru ini juga merilis pembaruan, yang memungkinkan penggunanya melihat kapan secara resmi Instagram menghubungi user melalui email secara resmi.

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna harus pergi ke menu pengaturan, kemudian Keamanan dan terakhir email dari Instagram.

"Fitur ini adalah cara yang terbaik untuk mendapat kejelasan tentang Instagram yang mengirim surat elektronik ke pengguna," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya