Begini Cara Upload Podcast ke Spotify

Ilustrasi podcast
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Podcast mulai menjadi sesuatu yang populer di kalangan pembuat konten. Ada beberapa media yang bisa mereka pilih untuk mengungah konten podcast, seperti YouTube, iTunes dan Spotify.

Bobon Santoso Menangis Sesenggukan Usai Ceritakan Mengenai Papua

Podcast sendiri ada yang hanya berformat audio saja, tapi ada juga kreator yang memadukannya dengan audio dan visual. Nah jika tertarik untuk membuat podcast dan menguggahnya di Spotify, berikut langkah-langkahnya.

Dikutip dari situs Castos, Kamis, 26 November 2020, Spotify awalnya adalah platform untuk streaming musik. Kemudian pada tahun lalu mereka memperbarui platform untuk menarik pembuat podcast atau podcaster dan pendengarnya.

Desta Mengakui Kesepian Pasca Bercerai dengan Natasha Rizky

Edison Research melaporkan, 43 persen pendengar podcast bulanan mendengarkan episode di Spotify. Angka ini menjadi jawaban yang menggembirakan bagi podcaster yang masih bingung di mana harus mengunggah kontennya.

Memasukan podcast ke Spotify prosesnya tidak jauh berbeda dengan platform lain. Langkah pertama pengguna harus mendaftarkan akun, kemudian mengirimkan RSS ke layanan dan menunggu persetujuan.

Nikita Mirzani Semakin Yakin Tak Akui Lolly Sebagai Anaknya, Karena Hal ini

Selanjutnya adalah untuk pergi ke alamat https://podcasters.spotify.com/ dan masuk ke akun Anda. Jika belum memiliki akun, Anda harus membuatnya sehingga bisa mengirim podcast di platform.

Layar berikutnya pengguna akan menyusun daftar podcast. Untuk memulainya tekan tombol 'Get Started', kemudian akan dibawa ke halaman Syarat dan Ketentuan Spotify. Sebaiknya Anda membaca keseluruhannya dengan teliti. jika sudah setuju, ketuk tombol Lanjutkan.

Kemudian buka layanan hosting podcast dan temukan tautan umpan RSS. Tambahkan tautan ke Spotify dan tekan Berikutnya. Jika RSS yang dimasukan salah, Anda akan menerima pesan yang meminta memasukan tautan dengan benar.

Selanjutnya, platform akan memverifikasi bahwa Anda memiliki konten podcast yang dikirimkan. Spotify akan mengirim kode delapan digit ke alamat email yang sudah dikaitkan dengan RSS. Temukan email verifikasi di inbox email, lalu masukan kode uniknya.

Jika sudah menekan tombol Berikutnya, Anda akan diminta memasukan beberapa detail tentang podcast yang dibuat, termasuk di negara mana podcast dibuat, bahasa utamanya, nama penyedia hosting dan kategori utama podcast.

Setelah memilih kategori utama, Anda akan memilih tiga subkategori. Setelah selesai, tekan tombol Berikutnya. Kemudian Anda akan diminta meninjau semua informasi yang sudah dimasukan. Hati-hati dalam memeriksanya, sebab pengguna tidak akan dapat mengubahnya lagi jika sudah dikirim.

Setelah menekan tombol Kirim, Spotify secara resmi telah menerima podcast Anda. Biasanya dibutuhkan waktu beberapa jam untuk meninjau informasi dan menyetel daftar podcast.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya