Logo WARTAEKONOMI

Kemarin Anjlok Rp40 Juta, Segini Harga Bitcoin Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin. (FOTO: Unsplash)
Ilustrasi Bitcoin. (FOTO: Unsplash)
Sumber :
  • wartaekonomi

VIVA – Sempat anjlok 13 persen pada Kamis siang kemarin, bagaimana tren harga mata uang kripto Bitcoin pada hari ini Jumat 27 November 2020? Berdasarkan pantauan pada pukul 10.22 WIB, saat ini, 1 Bitcoin setara dengan Rp244,06 juta.

Mengutip laman Coindesk, pengembalian Bitcoin menurun hingga 5,31 persen ketimbang periode yang sama pada hari sebelumnya. Dari segi nominal, harga Bitcoin turun hingga Rp13,67 juta.

Angka itu terus bergerak, bahkan hingga berita ini terbit. Sebagai gambaran, per pukul 10.23 WIB, harga Bitcoin sudah naik ke angka Rp244,80 juta.

Sekadar informasi, kemarin, Bitcoin merosot ke haga Rp230,8 juta setelah mencatatkan tren kenaikan luar biasa beberapa hari sebelumnya. Analis Enigma Securities, Joseph Edwards berujar, "pasti ada rasa euforia di pasar selama beberapa hari terakhir. Rasanya bagai antusias terhadap harga pasar yang hampir mencapai titik rekor, lalu tiba-tiba ada pukulan yang berdampak besar."

Melansir Reuters, para pedagang mata uang digital mengatakan, penurunan terjadi karena tingginya antusias pasar ketika harga Bitcoin hampir melampaui rekor tertingginya. Belum lagi, bos dari platform pertukaran mata uang kripto Coinbase mencuitkan kecemasan soal ancaman larangan terhadap dompet digital kripto.

Sebelumnya, CEO Coinbase Brian Armstrong mencuitkan kekhawatirannya soal rumor pelarangan dompet mata uang kripto individu dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

"Armstrong menuangkan kecemasan yang menurut saya membuat khalayak ikut khawatir," kata Manajer Portofolio di perusahaan kripto NKB Group, Jamie Farquhar.