Genjot Pendapatan Iklan demi Wifi Gratis untuk Publik

Internet gratis.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat harga ponsel pintar atau smartphone dan laptop kini lebih terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut membuat penggunaan data internet meningkat secara eksponensial, terutama saat pandemi COVID-19 seperti sekarang.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Berdasarkan riset platform manajemen media sosial HootSuite dan agensi marketing sosial We Are Social bertajuk "Global Digital Reports 2020", bahwa saat ini internet sudah menjadi kebutuhan. Hampir 64 persen penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta orang. Sedangkan total jumlah penduduk Indonesia sekitar 272,1 juta. Jika dibandingkan sama tahun lalu, maka jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat sekitar 17 persen atau 25 juta pengguna.

Awas Rugi Bandar Tidak Memanfaatkan Ruang Digital

Melihat celah bisnis tersebut, Surge hadir di industri digital Indonesia dengan solusi untuk mendistribusikan internet kepada publik tanpa biaya di ekosistem digital mereka.

“Konsep bisnis kami adalah mengkombinasikan jaringan internet gratis (free wifi) dengan iklan. Kami juga memiliki jaringan internet yang dihasilkan dari infrastruktur jaringan telekomunikasi yang dibangun di Pulau Jawa, kemudian diintregrasikan dengan periklanan digital. Proses inilah yang membuat kami masih bisa menghasilkan pendapatan dari iklan demi free wifi untuk pengguna,” kata Direktur Bisnis Surge, George Samuel, Sabtu, 28 November 2020.

Krisis Ekonomi, Pemerintah China Lakukan Penghematan Ketat

Ia menyebut jika fokus utamanya mendigitalisasi lingkungan publik dengan mengembangkan konsep offline-to-online aset media dan aplikasi smartphone yang didukung jaringan infrastruktur internet yang dijalankan secara terpadu dan mandiri.

Sementara itu, Direktur Teknologi Surge, Ricky Ananda mengatakan, untuk mengakses internet di jaringan internet gratis (free wifi) milik Surge harus menggunakan aplikasi Linipoin. Selain mengakses internet, aplikasi tersebut juga menawarkan beragam aktivitas seperti kuis, survei, hingga gaming.

"Untuk user (pengguna) yang dapat mengumpulkan poin, maka bisa menukarkan poin tersebut dengan beragam hadiah di platform Linirewards," ujar Ricky. Ia mengaku menyediakan aplikasi smartphone untuk transportasi massal, petani, dan marketplace yang bermanfaat bagi masyarakat di dalam ekosistem digital Surge.

Untuk itu, Surge menyediakan sejumlah aplikasi yang tidak hanya sebagai media informasi, tetapi juga dapat membantu serta memfasilitasi masyarakat. "Salah satunya aplikasi Sobattani yang bisa mempermudah petani di pedesaan untuk meningkatkan pemasaran hasil panen,” jelas Ricky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya