Inovasi Digital Buahkan Kemudahan Bisnis UMKM

Transformasi digital UMKM ke dalam berbagai marketplace
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sebagai salah satu pilar penting tulang punggung ekonomi nasional, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu terus dibantu agar dapat bertahan. Hal ini menjadi sangat penting, terutama saat terjadinya pelemahan ekonomi di masa pandemi saat ini.

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Salah satunya adalah dengan mempercepat peralihan UMKM ke era digital. Tak ayal adapatasi dengan kebutuhan zaman juga turut mengharuskan UMKM untuk berinovasi menghadapi tantangan di masa depan.

Beberapa UMKM yang melakukan inovasi digitalisasi dengan cara mengoptimalkan teknologi, terbukti bisa memperoleh keuntungan lebih untuk mengembangkan usaha mereka.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Riset dari International Data Corporation (IDC) dan Cisco menunjukkan, digitalisasi UMKM dapat meningkatkan pendapatan negara.

Diprediksi setidaknya Produk Dosmetik Bruto (PDB) bisa bertambah kisaran Rp2,3–2,4 triliun pada 2024. Peningkatannya bisa lebih tinggi lagi, apabila pelaku usaha mahir menggunakan berbagi platform digital dalam memasarkan produknya.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

Dan salah satu hal yang dapat menstimulasi kebutuhan digitalisasi itu dihadirkannya OY! Bisnis, sebagai misi OY! Indonesia berkomitmen untuk dapat membantu pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Dengan hadirnya sistem yang menyediakan produk-produk keuangan digital, nantinya diharapkan dapat memberikan kemudahan serta efisiensi dalam menjalankan bisnis.

OY! Bisnis sendiri mempunyai 2 produk unggulan yaitu Bulk Disbursement dan Payment Checkout Link.

Dengan menggunakan layanan Bulk Disbursement ini, memungkinkan pelaku usaha untuk men-transfer pembayaran ke banyak rekening sekaligus secara langsung, hanya dengan menggugah CSV file daftar pembayaran ke dalam dashboard OY! Bisnis.

Berapa pun banyaknya jumlah transaksi yang dilakukan, semua bisa diselesaikan dalam waktu satu hari. Lain hal nya dengan Payment Checkout Link, layanan ini memungkinkan pelaku usaha untuk menyederhanakan proses pembayaran.

Dengan mengintegrasikan link pembayaran dengan bisnis, pelaku usaha dapat memberika keleluasan bagi pembeli untuk memilih metode pembayaran serta tagihan dapat langsung dikirimkan melalui e-mail setelah proses transaksi berhasil dilakukan.

“Tahun ini pandemi membawa dampak ke dalam setiap aspek kehidupan, tak terkecuali dengan UMKM. Kondisi ini memaksa pelaku usaha untuk mencari alternatif lain, salah satunya dengan cara beralih ke digital,” ujar Jesayas Ferdinandus selaku CEO OY! Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya