Edan, Bangun Jembatan Rp70 Miliar Cuma untuk Satwa Liar Nyebrang

Jembatan penyebarangan untuk satwa liar di Utah, AS.
Sumber :
  • CNN

VIVA – Pemerintah Negara Bagian Utah, Amerika Serikat (AS) menghabiskan US$5 juta atau Rp70,7 miliar hanya untuk membangun jembatan untuk digunakan satwa liar menyeberang.

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

"Pemerintah Negara Bagian Utah menghabiskan US$5 juta untuk membangun jembatan khusus satwa liar supaya bisa menyeberangi I-80 di Salt Lake City tahun 2018. Dua tahun kemudian, Divisi Sumber Daya Satwa Liar Utah dengan bangga membagikan video yang memperlihatkan berbagai satwa liar yang menggunakan jembatan tersebut," kata akun Twitter @nowthisnews.

Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara

Tweet tersebut menyertakan video berdurasi 3:01 menit yang memperlihatkan berbagai jenis hewan yang melewati jembatan tersebut seperti rusa, landak, hingga beruang pada siang dan malam hari.

Viral Seorang Pejabat Terekam Sedang Duel dengan Macan, Hal Ini yang Terjadi

Kemudian, seperti dilansir dari situs CNN, Selasa, 1 Desember 2020, jembatan itu diisi oleh bebatuan kecil dan besar serta potongan kayu agar binatang merasa senang dan nyaman saat melintasi I-80.

Satwa liar biasanya membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan tempat baru. Tapi pejabat setempat tidak menyangka mereka bisa sukses dalam waktu yang cukup cepat.

Padahal, tahun lalu, Juru Bicara Departemen Transportasi Utah, John Gleason, mengaku akan memerlukan waktu bertahun-tahun bagi satwa liar untuk menggunakan jembatan tersebut.

"Kami sudah melihat hasilnya. Keberhasilan cepat ini sungguh tidak kami sangka. Karena memang pembangunan jembatan ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan satwa liar di jalur bebas hambatan yang sibuk tersebut," papar Gleason.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya