Sakit Paru-paru, Urine Pria Ini Berubah Hijau

Warna urine berubah jadi hijau.
Sumber :
  • Livescience

VIVA – Ada sebuah kasus, di mana air seni seorang pria yang dirawat di rumah sakit berwarna hijau keruh. Terlihat mengkhawatirkan, tapi nyatanya itu imbas dari pengobatan yang dijalankan dan dikatakan tidak berbahaya.

Seorang Pria Nekat Terobos Istana Negara di Malam Takbiran, Polisi Bilang Begini

Dilansir dari laman Live Science, Kamis, 3 Desember 2020, pria berusia 62 tahun itu menderita penyakit paru-paru dan pergi ke ruang gawat darurat setelah mengalami kesulitan bernapas selama dua hari.

Ia memiliki kadar karbondioksida yang tinggi di dalam darahnya. Kondisi ini dapat mengancam nyawanya. Dia dirawat di unit perawatan intensif, dipasangkan ventilaor dan diberi anestesi propofol.

Pria yang Disebut Mirip Alien Lalu Pukul hingga Ludahi Wanita di Kendari Ditangkap

Lima hari setelahnya, urine yang ditampung dalam kantong keteter berubah menjadi hijau. Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan urine berwarna hijau, seperti efek pengobatan, infeksi dan masalah pada hati.

Dalam kasus ini penyebabnya adalah propofol. Obat ini banyak digunakan untuk anestesi umum, tapi jarang ada kasus yang sampai mengubah warna dari air seni.

Viral Pria Tampar dan Ludahi Wanita Gegara Disebut Mirip Alien

Belum dapat dipahami bagaimana proses perubahan warna ini. Tapi ada kemungkinan propofol dieliminasi melalui ginjal, bukan hati, menurut laporan 2015 dari kasus serupa yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research.

Untungnya efek ini tidak menimbulkan bahaya dan akan hilang jika pengobatan sudah dihentikan. Menurut laporan warna urine pria itu kembali normal setelah tidak terkena propofol. 

Ilustrasi artis ditangkap polisi.

Terkuak, Identitas Pria yang Nekat Terobos Istana Negara pada Malam Takbiran

Identitas pria nekat yang diduga hendak menerobos masuk kawasan Istana Negara di Jakarta Pusat, terkuak. Pria tersebut diketahui berinisial DM, berusia 30 tahun.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024