Peran Internet of Things di Era Industri 4.0

Ilustrasi Internet of Things.
Sumber :
  • www.pixabay.com/jeferrb

VIVA – Indonesia saat ini mulai memasuki era Industri 4.0, yang merupakan kolaborasi teknologi siber dan otomatisasi. Untuk mensukseskannya, tentu butuh penguasaan teknologi dan juga beradaptasi dalam penggunaannya.

Demi Pasar, Hotel Kapsul Berbasis IoT di Jakarta Ganti Nama

Dalam revolusi Industri 4.0, kemajuan paling pertama yang dapat dirasakan adalah internet of things atau IoT. Nantinya, sistem ini dapat menghubungkan data diri dan meningkatkan kemampuan koneksi tiap individu.

IoT memiliki peran penting dalam Industri 4.0, karena dapat menghubungkan semua hal ke jaringan internet. Hasilnya akan dianalisa oleh pengguna, dan digunakan sesuai kebutuhan.

Butuh Perjuangan untuk Mentransformasi Budaya ke Digitalisasi

Untuk meningkatkan kemampuan siswa dan siswi SMA di Indonesia dalam menghadapi revolusi Industri ini serta mempertajam kemampuan mereka di bidang Social Media Marketing, i3l School of Business dan Kalbis Institute menggelar lomba berbasis software Mimic Social yang dikembangkan oleh Stukent Inc.

“Peserta melakukan simulasi social media sebuah perusahaan. Mereka harus menentukan berbagai macam keputusan dalam Social Media Marketing, dan belajar untuk menganalisa metriks dari tiap ronde yang dijalankan,” ujar Digital Marketing Lecturer iSB, Elita Chandra melalui keterangan resmi, Jumat 4 Desember 2020.

Paundra Noorbaskoro, Gunakan Teknologi untuk Budidaya Udang Ramah Lingkungan

Total peserta yang mendaftar pada perlombaan ini berjumlah 32 tim, dengan kategori SMA dan SMK. Pelaksanaan Social Media Tournament sendiri terbagi menjadi tiga tahap, yakni awal, seleksi semifinal dan final.

Salah satu Pemenang, Michael Vincetius dari SMA Xaverius 1 Palembang menyatakan bahwa melalui ajang ini ia belajar banyak soal pengetahuan target pasar, jenis iklan yang dapat diimplementasikan dan waktu yang tepat untuk mengiklankan suatu produk.

Lomba ini diharapkan mampu menjadi pionir bagi dunia pendidikan, untuk bisa bersinergi dengan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan serta kecakapan dari para siswa siswi SMA maupun mahasiswa, sehingga mereka memiliki kemampuan yang cukup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya