Sinyal Misterius Terendus, Bukti-bukti Keberadaan Alien?

Alien.
Sumber :
  • BroBible

VIVA – Kumpulan data yang ditangkap radio teleskop Parkes di Australia baru-baru ini kembali membuat dunia bertanya-tanya terkait keberadaan alien. Dari sinyal misterius yang ditangkap, besar dugaan ada kehidupan lain selain di bumi. Tepatnya di planet bernama Proxima Centauri.

Kapan Bumi Kiamat?

Tangkapan sinyal-sinyal misterius yang dikoleksi Breakthrough Listen, sebuah badan kumpulan ilmuwan yang fokus meneliti kemungkinan adanya kehidupan lain di luar bumi. Rencananya temuan-temuan ini baru akan dipublikasikan secara menyeluruh pada awal 2021 nanti.

Dilansir planetary, Rabu 23 Desember 2020, ada beberapa alasan yang membuat para ilmuwan di Breakthrough Listen punya keyakinan bahwa sinyal-sinyal misterius dari Proxima Centauri itu sebagai sinyal adanya alien.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

"Ini adalah sinyal paling menarik yang kami temukan dalam proyek Breakthrough Listen, karena kami belum pernah mendapatkan sinyal seperti ini sebelumnya," ujar pemimpin analisis sinyal, Sofia Sheikh dalam beberapa kesempatan wawancara.

Pertama, frekuensi sinyal 982 megahertz yang dianggap tak wajar dan bukan sinyal yang biasa digunakan pesawat luar angkasa. Jaraknya 4,2 tahun cahaya dari Bumi. Lalu sinyal itu juga selalu memperlihatkan sumbernya yang selalu mengarah ke Proxima Centauri.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Alasan lain yang membuat beberapa ilmuwan menganggap sinyal tersebut berpotensi sebagai bukti keberadaan alien adalah fakta bahwa tak pernah ada fenomena astronomi alam yang dapat menghasilkan sinyal gelombang 982 megahertz.

Namun seperti biasa juga, banyak juga ilmuwan yang menganggap temuan tersebut tak lantas dapat dijadikan bukti kuat keberadaan alien. Yang jelas saat ini, sinyal misterius tersebut masih terus diteliti untuk segera menemukan jawabannya. 

Selain itu, meski sinyal misterius tertangkap beberapa kali namun semuanya terjadi selama satu periode tahun lalu sehingga asal muasal sinyal tersebut masih belum bisa dipastikan dari Proxima Centauri. Bisa saja berasal dari sumber yang berasal dari belakang Proxima Centauri.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya